Mudahkan Mahasiswa Ajukan Keringan UKT, Unila Luncurkan Aplikasi Sikebas

Eva Pardiana - Rabu, 12 Januari 2022 07:37
Mudahkan Mahasiswa Ajukan Keringan UKT, Unila Luncurkan Aplikasi SikebasLaman Sistem Informasi Keringanan dan Bebas Uang Kuliah (Sikebas) Universitas Lampung. (sumber: Unila)

BANDARLAMPUNG – Universitas Lampung (Unila) meluncurkan aplikasi terbaru yakni Sistem Informasi Keringanan dan Bebas Uang Kuliah (Sikebas) Unila, di ruang sidang utama lantai 2 Gedung Rektorat, Selasa (11/1/2022).

Aplikasi tersebut untuk memaksimalkan manajemen pengolahan data dan pelayanan pengajuan keringanan dan bebas uang kuliah tunggal (UKT), terutama bagi mahasiswa terdampak pandemi Covid-19.

Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Unila Prof Asep Sukohar mengatakan aplikasi Sikebas Unila tidak hanya memberi kemudahan dalam mengajukan keringanan dan bebas uang kuliah, tapi juga mempermudah proses monitoring dan evaluasi ajuan dari pihak fakultas maupun rektorat, sehingga lebih efektif dan efisien.

“Jadi mahasiswa yang ingin mengajukan keringanan tidak lagi membawa berkas. Mereka cukup mengajukan via online. Setelah itu proses pengajuan dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat fakultas hingga rektorat,” ujarnya.

Selain beralih ke sistem digital, keuntungan lain dari aplikasi Sikebas Unila, antara lain pengajuan akan difilter sejak awal sehingga tidak terjadi pengajuan berulang dan sistem ini memungkinkan menunjukkan potensi kehilangan uang dari proses pengajuan tersebut.

Untuk mengoptimalkan aplikasi tersebut, Asep meminta wakil dekan bidang umum dan keuangan dari masing-masing fakultas memberi masukan agar sistem yang baru diluncurkan ini dapat berjalan maksimal. Termasuk bagaimana menyosialisasikan aplikasi ini kepada mahasiswa.

Sebagai informasi, penerapan keringanan UKT pada sistem Sikebas Unila akan diberlakukan mulai 12 Januari hingga 14 Februari 2022 melalui laman Sikebas Unila. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS