Modalku Terapkan ESG Berkomitmen Patuhi 10 Prinsip UNGC

Yunike Purnama - Rabu, 09 Agustus 2023 20:07
Modalku Terapkan ESG Berkomitmen Patuhi 10 Prinsip UNGCPT Mitra Usaha Indonesia Group atau lebih dikenal dengan Modalku menerapkan ESG dalam keberjalanan perusahaannya. (sumber: TrenAsia)

JAKARTA - PT Mitra Usaha Indonesia Group atau lebih dikenal dengan Modalku menerapkan ESG dalam keberjalanan perusahaannya. 

Melansir dari situs resmi Modalku, perusahaan menyatakan komitmennya pada UN Global Compact untuk menjalankan operasional bisnis secara bertanggung jawab dan sejalan dengan prinsip keberlanjutan universal. 

Perusahaan berkomitmen untuk mematuhi 10 prinsip UNGC yang mencakup bidang ketenagakerjaan, hak asasi manusia, lingkungan, dan antikorupsi, serta bergabung dengan perusahaan global lainnya sebagai pelopor dalam keberlanjutan.

Untuk menerapkan ESG, Perusahaan juga senantiasa berkomitmen dalam mendukung pemberdayaan perempuan di seluruh karyawan yang bekerja di Grup Modalku. Hal tersebut merupakan bagian dari upaya perusahaan dalam mendorong kesadaran akan prinsip-prinsip Inclusion, Diversity, and Equity (IDE) atau Inklusi, Keberagaman, dan Kesetaraan. 

Beberapa inisiatif konkret yang diterapkan oleh perusahaan termasuk program kepemimpinan yang khusus ditujukan untuk perempuan, kampanye untuk mengatasi dan mengurangi bias di lingkungan kerja, serta pelatihan khusus yang bertujuan untuk memberdayakan perempuan dan kelompok yang kurang terwakili agar mereka dapat dengan terbuka berbicara tentang pencapaian mereka.

Modalku adalah platform pendanaan digital bagi UMKM yang beroperasi di Indonesia sejak 2016. Perusahaan ini menghubungkan penerima dana yang berbentuk UMKM atau pengusaha yang membutuhkan pendanaan untuk mengembangkan usaha mereka dengan para pemberi dana dari individu atau institusi.

Dalam aspek pengembangan karyawan, Modalku memiliki tim Learning and Development (L&D). Tim tersebut mendukung program pembelajaran dan pengembangan yang komprehensif untuk karyawan Modalku.

Tim ini akan bertanggung jawab untuk merancang program pembelajaran serta pengembangan keterampilan karyawan perusahaan dan mendorong kinerja yang lebih tinggi. 

Tim L&D pada 2023 telah melakukan pelatihan-pelatihan internal seperti, pelatihan karyawan baru bergabung sebagai karyawan, pelatihan komunikasi, persiapan menghadapi performance review, dan workshop lainnya untuk mendukung pekerjaan sehari-hari, seperti mental awareness, cara memberikan feedback, dan lain sebagainya.

Bahkan untuk menyesuaikan perkembangan teknologi, perusahaan juga memberikan pelatihan mengenai kecerdasan buatan (AI) untuk karyawannya. 

Hingga tulisan ini dibuat, Modalku menyebutkan telah memberikan pendanaan sebanyak Rp49 triliun lebih. Modalku mencatatkan total pemberi dana adalah sebanyak 200.000 lebih dan total penerima dana mencapai 89.000 lebih.(*)

Editor: Redaksi
Tags ModalkuBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS