Meski 3 Sub-Varian Omicron Terbaru Belum Ditemukan di Indonesia, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes

Chairil Anwar - Sabtu, 16 April 2022 15:49
Meski 3 Sub-Varian Omicron Terbaru Belum Ditemukan di Indonesia, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Prokes3 Sub Varian Omicron Terbaru Belum Ditemukan di Indonesia, Masyarakat Diminta Tetap Patuhi Protokol Kesehatan (sumber: Pixabay.com)

JAKARTA — Thailand  mengonfirmasi adanya temuan varian baru Covid-19, yaitu Omicron XE. WHO juga mengatakan Omicron XE sendiri merupakan suatu gabungan dari dua varian Omicron yang sudah ada yaitu BA.1 dan BA.2

Menurut Juru Bicara Vaksinasi Covid-19 Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, M.Epid. mengatakan saat ini global sudah mendeteksi adanya subvarian baru Covid-19 yang dikenal sebagai subvarian XE, XD, dan XF.

“Ini pertama kali terdeteksi dari spesimen pada tanggal 19 Januari di Inggris dan di sana sudah ada 763 kasus XE yang ditemukan,” katanya saat konferensi pers secara virtual di Jakarta, Selasa 12 April 2022, seperti yang dilansir dari laman Sehat Negeriku pada 16 April 2022.

Subvarian XE ini juga disebut lebih cepat menular daripada subvarian BA.2. Akan tetapi, masih belum ada bukti epidemiologis yang cukup untuk mengetahui perubahannya di dalam masyarakat. 

dr. Siti Nadia Tarmizi juga mengatakan  saat ini subvarian XE, XD, dan XF belum ditemukan di Indonesia. Sementara itu, subvarian XD dan XF merupakan gabungan dari varian Delta AY.4 dan Omicron BA.1. Saat ini, subvarian XF sudah ditemukan di Inggris tetapi masih sangat kecil jumlahnya. 

“Artinya, ini masih menjadi kewaspadaan kita bahwa walaupun dikatakan lebih cepat menular dibandingkan varian Omicron. Tetapi, karena kita sebagai bagian dari upaya menekan penularan dan memitigasi dampak daripada penularan tersebut, maka sub–subvarian ini menjadi perhatian kita bersama,” tambah Nadia seperti yang dikutip dari laman Sehat Negeriku pada 16 April 2022.

Hingga saat ini juga masih tidak ada perbedaan gejala khusus pada ketiga sub varian tersebut. Sub varian ini juga masih merupakan satu jenis yang sama dengan varian Omicron. (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 16 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS