Meriahkan Hari Tuberkulosis Sedunia, Sobat Sehat Lampung Gelar Cek Kesehatan Gratis

Yunike Purnama - Senin, 25 Maret 2024 21:09
Meriahkan Hari Tuberkulosis Sedunia, Sobat Sehat Lampung Gelar Cek Kesehatan GratisDalam rangka Hari Tuberkulosis Sedunia Sobat Sehat Lampung gelar cek kesehatan gratis untuk para pasien TB RO. (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Dalam rangka Hari Tuberkulosis Sedunia (TB Day) yang jatuh setiap tanggal 24 Maret Organisasi Penyintas TBC (OPT) Sobat Sehat Lampung kegiatan cek kesehatan gratis (cek gula darah, asam urat dan kolesterol) untuk para pasien TBC. Kegiatan yang berlangsung di Poli MDR pada Senin, 25 Maret 2024.

Ketua OPT Sobat Sehat Lampung Ardiansyah mengatakan, kegiatan ini dalam rangka memeriahkan Hari Tuberkulosis Sedunia yang jatuh pada tanggal 24 Maret 2024. Karena tanggal 24 Maret jatuh pada hari Minggu, maka digelar kegiatannya pada hari Senin yang juga merupakan jadwal rutin mayoritas pasien mengambil obat TB RO.

"Tujuan adanya berbagai kegiatan ini adalah untuk lebih memperkenalkan kepada pasien tentang Hari Tuberkolosis Sedunia yang masih kurang familiar baik untuk pasien ataupun masyarakat umum dan juga branding untuk OPT Sobat Sehat Lampung agar lebih dikenal lebih luas,"ujar Ardi sapaannya.

Ardi menambahkan, rangkaian kegiatan TB Day tahun ini juga tidak hanya cek kesehatan gratis dan edukasi, tetapi juga ada sharing  tentang kondisi kesehatan mental pasien yang sedang menjalani pengobatan TB RO.

"Karena kondisi yang terjadi pada pasien, terutama pasien yang baru menjalani pengobatan banyak kondisi mentalnya down karena terkena TBC. Padahal sebenernya jika pasien tersebut mau dan disiplin menjalani pengobatan pasti bisa sembuh sehat kembali, inilah yang menjadi salah satu tugas utama OPT Sobat Sehat Lampung untuk turut mendampingi pasien hingga sembuh dan kembali berdaya terjun ditengah masyarakat,"jelas Ardi.

Wakil Ketua OPT Sobat Sehat Lampung Yudi Novriansyah saat melakukan pengecekan kesehatan. Foto: Ist

Kemudian Wakil Ketua OPT Sobat Sehat Lampung Yudi Novriansyah menambahkan, dipilihnya kegiatan cek kesehatan gratis diperuntukan untuk para pasien karena dianggap lebih memberikan manfaat kepada pasien, khususnya untuk para pasien yang terkadang lalai cek kondisi kesehatannya.

Ia berharap, Sobat Sehat Lampung dapat menjadikan kegiatan ini sebagai agenda rutin setiap tahun dalam rangka Hari Tuberkulosis Sedunia (TB Day). Selain dapat memberikan manfaat ke para pasien juga sekaligus memperkenalkan hadirnya Sobat Sehat Lampung. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS