Sentimen Inflasi pada Minggu Ini, IPOT Rekomendasikan 3 Saham untuk Trading

Yunike Purnama - Senin, 25 Maret 2024 18:07
Sentimen Inflasi pada Minggu Ini, IPOT Rekomendasikan 3 Saham untuk TradingIlustrasi pergerakan IHSG (sumber: TrenAsia/Panji Asmoro)

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0.30% (naik 22 poin) dalam sepekan ke level 7.350 pada akhir perdagangan Jumat, 22 Maret 2024.

Community Lead Indo Premier Sekuritas (IPOT) Angga Septianus menjelaskan penguatan IHSG tertopang sektor IDX HEALTH (+2.98%) dan IDX BASIC (+1.82%) yang menjadi top gainers, namun masih tersandera sektor IDX TECHNO (-0.73%) dan IDX INFRA (-0.01%) yang menjadi top loser-nya.

Pada minggu lalu ada sejumlah sentimen yang memengaruhi laju IHSG yakni suku bunga AS yang bertahan di level 5.25%-5.50% dan suku bunga Indonesia bertahan di level 6.00%. Sentimen selanjutnya yakni Bank Sentral Jepang (Bank of Japan/BoJ) yang menaikkan suku bunga dari -0.1 ke 0 – 0.1% karena inflasi.

"Sayangnya market tidak ada respon, Yen turun. Harusnya kalau suku bunga naik mąką demand currency naik dan ada capital inflow serta bond market kuat. Nyatanya di Jepang risk free rate (0.1%) belum di atas inflasi," tegasnya di Jakarta.

Sentimen selanjutnya terkait harga minyak yang kembali meningkat setelah beberapa serangan drone Ukraina terhadap fasilitas energi Rusia. Ekspor Irak dan Saudi Arabia menurun serta ekonomi China mulai membaik dan ada tanda-tanda perbaikan demand.

Berbicara tentang prospek market pada minggu ini yang hanya akan berlangsung selama 4 hari perdagangan (25-28 Maret) karena ada libur Jumat Agung (Wafat Yesus Kristus) pada Jumat, 29 Maret 2024, Angga mengimbau para trader memerhatikan sejumlah sentimen mulai dari US GDP Growth Rate QoQ Prev 4.9% Cons 3.2%. Ia menegaskan kalau angka di bawah ekspektasi bagus. Artinya, penurunan suku bunga bisa jadi lebih cepat untuk menopang ekonomi.

Sentimen selanjutnya yakni Core PCE Price Index MoM Prev 0.4% Cons 0.3%, dimana data utama ini dipakai The Fed untuk mengukur inflasi. Kalau naik dibandingkan periode sebelumnya maka bisa dikatakan gawat. Sentimen yang perlu diperhatikan pula pada minggu ini yakni personal income dan personal spending yang bakal menggambarkan kondisi ekonomi AS. Jika income naik dan spending naik ini sama saja belum downturn. Namun jika income turun dan spending turun, ini artınya sebentar lagi downturn dan suku bunga turun.

Didasarkan pada data-data ekonomi dan sentimen di atas, PT Indo Premier Sekuritas yang berkomitmen mengedukasi masyarakat untuk mulai belajar investasi tanpa registrasi dengan #PakeAjaDulu IPOT dan terus mengupdate rumor seputar saham-saham berpotensi di IPOT Buzz, merekomendasikan 3 saham untuk trading pada minggu ini hingga Kamis, 28 Maret 2024, yakni Buy on Pullback BBTN (Support: 1.485, Resistance: 1.800), Buy on Pullback ESSA (Support: 590, Resistance: 700) dan Buy BDMN (Support: 2.970, Resistance: 3.250).(*)

Editor: Redaksi
Tags IHSGIPOTBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS