Menkeu: Jajaran Kemenkeu Harus Adaptasi dengan Perubahan

Yunike Purnama - Kamis, 21 September 2023 08:04
Menkeu: Jajaran Kemenkeu Harus Adaptasi dengan PerubahanMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (sumber: Ist)

JAKARTA - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati, telah menginstruksikan kepada seluruh jajaran Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk terus beradaptasi dengan perubahan yang terus berlangsung. 

Dalam situasi dunia yang terus berubah, Sri Mulyani menekankan pentingnya pembelajaran berkelanjutan sebagai kunci untuk menghadapi perubahan yang tak dapat dihindari.

Selama tiga tahun terakhir, dunia telah dihadapkan pada pandemi global yang telah mengubah lanskap ekonomi secara drastis. Keuangan negara menjadi instrumen utama dalam menjaga kesejahteraan rakyat, mengembalikan stabilitas ekonomi, dan memulihkan pertumbuhan ekonomi yang terpukul. 

“Institusi Kementerian Keuangan harus makin memiliki jajaran yang mampu melihat seluruh perubahan sebagai sebuah tantangan, sekaligus kesempatan. Artinya jajaran Kementerian Keuangan tidak boleh berhenti belajar dan beradaptasi,” ujar Sri Mulyani, dilansir siaran per Kemenkeu, Rabu, 20 September 2023.

Kemenkeu memiliki peran sentral dalam menyusun dan melaksanakan kebijakan yang mendukung stabilitas negara. Pemulihan ekonomi bukanlah tugas yang mudah, terutama dengan dinamika geopolitik yang semakin kompleks. Perubahan yang terjadi dengan cepat, termasuk di dalam membuat Kemenkeu sendiri harus lebih tanggap dalam mempersiapkan diri, terutama dalam menghadapi perubahan teknologi yang begitu pesat. Peningkatan keterampilan dan pengetahuan di bidang teknologi menjadi suatu keharusan.

Sri Mulyani juga menyoroti pentingnya karyawan di lingkungan Kemenkeu dalam mendukung adaptasi dan inovasi. Kemenkeu harus menjadi entitas yang adaptif terhadap perubahan dan selalu berinovasi mengikuti perkembangan zaman. Kepercayaan masyarakat terhadap Kemenkeu juga menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan tugas-tugas krusial ini.

Para pegawai Kemenkeu memiliki tanggung jawab yang luar biasa penting dalam mengelola keuangan negara. Mereka adalah garda terdepan dalam menjalankan instrumen yang mendukung cita-cita dan tujuan negara. Kepercayaan yang diberikan oleh rakyat kepada mereka adalah amanah yang tak boleh diabaikan.

Perubahan yang terus berlangsung, dapat diatasi dengan inovasi dan tanggung jawab. Sri mulyani memastikan Kemenkeu siap menghadapi tantangan masa depan dan menjalankan peran pentingnya dalam menjaga stabilitas ekonomi Indonesia.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS