Menilik Laju Transformasi Telkomsel Menjadi Digital Telco Terbesar

Yunike Purnama - Rabu, 15 Maret 2023 05:50
Menilik Laju Transformasi Telkomsel Menjadi Digital Telco TerbesarSaki Hamsat Bramono Vice President Corporate Communications Telkomsel (sumber: Yunike Purnama/Kabar Siger)

BATAM - Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi yang berpengalaman selama lebih dari seperempat seperembat abad, menyadari tumbuh pesatnya digitalisasi di kehidupan masyarakat. Hal yang kemudian membuat perusahaan telekomunikasi terbesar di tanah air ini melangkah lebih maju dan bertransformasi menjadi perusahaan digital telco.

Saki Hamsat Bramono Vice President Corporate Communications Telkomsel mengatakan, dimulai sejak 1995 hingga saat ini, Telkomsel terus berupaya untuk memperluas cakupan mulai dari produk, menambah kapasitas, dan meningkatkan kualitas jaringan. 

Tak hanya itu Telkomsel kini semakin mengakselerasi memasuki lini bisnis digital lifestyle terutama ketika pandemi melanda. Kebutuhan aplikasi untuk mendukung gaya hidup digital masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan sehari-hari mulai dari MAXstream, kemudian Dunia Games.

Sukses dengan aplikasi hiburan tersebut kemudian disusul dengan keseriusan Telkomsel menggarap aplikasi pendukung gaya hidup lainnya.

"Telkomsel membentuk ekosistem digital yang lengkap untuk menghadirkan aplikasi yang benar-benar dibutuhkan oleh masyarakat. Telkomsel mengadakan beberapa program untuk pengembangan membentuk ekosistem digital startup, baik untuk investasi, inovasi, sampai inkubator," ujar Saki saat Media Gathering area Sumatera Telkomsel bertempat di GraPARI Telkomsel Batam Center pada Selasa, 14 Maret 2023.

Saki melanjutkan, Telkomsel juga mewujudkan komitmen untuk mengakselerasi dukungan pengembangan digital lifestyle dengan, membentuk anak perusahaan yakni Telkomsel Mitra Inovasi (TMI) dan INDICO untuk menyokong para inovator lokal dalam menciptakan solusi berbasis teknologi terkini.

President Consumer Sales Area Sumatera Mulya Budiman, Vice President Area Network Operations Sumatera Wahyudi C Purnama, Vice President Corporate Communications Saki H Bramono. Foto: Yunike Purnama/Kabarsiger 

Fokus Indonesia Digital Ecosystem (Indico)

Anak perusahaan lainnya yang dibentuk oleh Telkomsel adalah Indico, berfokus pada pengembangan solusi dan layanan lintas sektor yang berorientasi pada pelanggan melalui inovasi teknologi. Indico saat ini memiliki 3 lini bisnis, antara lain Kuncie (edu-tech), Fita (health-tech), dan MajaMojo (gaming).

"Indico diharapkan mampu menghadirkan solusi digital yang bermanfaat bagi masyarakat Indonesia sekaligus memperkuat pemberdayaan talenta lokal untuk berkontribusi secara positif di pasar regional hingga global," ujar Saki.

Media Gathering Telkomsel area Sumatera di GraPARI Telkomsel Batam Center. Foto: Telkomsel 

Jalankan Prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG)

Pada tahun 2022 Telkomsel melalui inisiatif aksi corporate social responsibility (CSR) Telkomsel Jaga Bumi, meluncurkan program Carbon Offset. Melalui program ini, Telkomsel berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif terhadap iklim dan menkompensasi emisi karbon.

Melalui program ini, Telkomsel berkolaborasi dengan platform Jejakin, mengajak pelanggan Telkomsel dapat menukarkan Telkomsel Poin yang dimiliki menjadi kontribusi yang setara dengan sebatang pohon untuk mengimbangi carbon footprint (jejak karbon) yang timbul sebagai konsekuensi dari aktivitas keseharian manusia.

"Sebagai bagian dari inisiatif Telkomsel Jaga Bumi, program Carbon Offset bersama Jejakin diharapkan dapat menjadi sebuah environmental movement dengan mengajak pelanggan setia Telkomsel berkontribusi dengan Telkomsel Poin yang dimiliki untuk menanam pohon-pohon dalam upaya reboisasi bersama Jejakin,” kata Saki.

Program Carbon Offset merupakan wujud komitmen Telkomsel sebagai digital ecosystem enabler dalam membuka lebih banyak peluang bagi seluruh pelanggan melalui environmental movement, untuk mengambil peran terdepan dalam menjaga kelestarian bumi dan lingkungan hidup, sekaligus mendukung pembangunan Indonesia secara inklusif dan berkelanjutan sesuai dengan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS