Mengenal Arsjad Rasjid, Ketum Kadin yang Pimpin Tim Kemenangan Ganjar

Redaksi - Selasa, 05 September 2023 18:03
Mengenal Arsjad Rasjid, Ketum Kadin yang Pimpin Tim Kemenangan Ganjar (sumber: null)

JAKARTA - Arsjad Rasjid baru saja dipilih menjadi Ketua tim pemenangan Calon Presiden (Capres) Ganjar Pranowo dalam pertemuan pada Senin 4 September 2023. Penunjukan Arsjad sekaligus meresmikan tim pemenangan nasional untuk Ganjar dalam menghadapi Pilpres 2024. 

Arsjad diketahui telah menyatakan kesanggupannya sesaat sebelum dirinya memberikan arahan kepada juru kampanye pendukung capres Ganjar pada 18 Juli 2023 lalu di I News Tower. Dirinya akan ditemani mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa selaku wakil ketua.

Karier Arsjad Rasjid

Pria kelahiran 53 tahun silam di Jakarta ini dikenal sebagai seorang pebisnis sekaligus Ketua Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) periode 2021-2026. Dirinya terpilih terpilih secara aklamasi berkat rekam jejak dan reputasinya yang meyakinkan. Saat ini Arsjad juga menjadi Ketua ASEAN Business Advisory Council (ASEAN-BAC).

Arsjad juga merupakan Direktur Utama (Dirut) di PT Indika Energy Tbk., sebuah perusahaan energi terintegrasi terkemuka di Indonesia. Jabatan tersebut diembannya sejak Februari 2007 sampai Mei 2014. Tahun 2014-2016 dirinya sempat menjadi Wakil Dirut seperti dikutip dari laman PT Indika Energy, Selasa 5 September 2023.

Arsjad kemudian kembali menjadi Dirut pada tahun April 2016 hingga April 2019 serta diangkat menduduki jabatan yang sama sampai saat ini. Arsjad tercatat juga menduduki posisi komisaris di beberapa perusahaan lain PT Indika Infrastruktur Investindo, PT Indika Multi Properti, PT Indika Energy Infrastructure, dan lain sebagainya.

Pendidikan

Dalam bidang pendidikan, putra Purnawiran TNI AD tersebut menyelesaikan pendidikannya di luar negeri. Arsjad pernah menimba ilmu di University of Southern California di bidang Computer Engineering pada tahun 1990. 

Kemudian pada 1993 dirinya memperoleh gelar Bachelor of Science setelah menyelesaikan pendidikannya pada bidang Administrasi Bisnis di Pepperdine University, California, Amerika Serikat. 

Memasuki tahun 2012, Arsjad berhasil menyelesaikan dua program sekaligus yaitu program Executive Education Global Leadership and Public Policy for the 21st Century di Harvard Kennedy School, Amerika Serikat dan program Insights Into Politics and Public Policy in Asia untuk Para Pemimpin Global di Lee Kuan Yew School of Public Policy, Singapura.

Arsjad tercatat menyelesaikan program Executive Education on Impacting Investing di Said Business School, University of Oxford, Inggris pada tahun 2013 silam. Setahun kemudian dirinya juga menyelesaikan program Executive Education on Leadership and Decision Making in the 21st Century di Jackson Institute for Global Affairs, Yale University di Amerika Serikat.

Terakhir pada tahun 2016, Arsjad kembali menyelesaikan program Executive-Education International Directors Programme, INSEAD Singapura & Prancis seperti dikutip dari laman Arsjad Rasjid pada Selasa, 5 September 2023.

Pengalaman Bisnis

Arsjad memiliki sederet pengalaman berkat berbagai posisi jabatan dan pendidikan yang ditempuhnya. Dalam hal dunia bisnis Arsjad melalui strategi akuisisi berhasil membesarkan aset PT Indika Energy Tbk sekitar 7x lipat dari Rp 2,78 triliun menjadi Rp 18,28 triliun dalam kurun waktu enam tahun antara 2005 hingga 2011.

Dalam memimpin perusahaan yang memiliki 10.000 karyawan, Arsjad berhasil membalikkan keadaan perusahaan menjadi positif saat kinerja perusahaan menurun akibat dampak turunya harga batubara pada tahun 2013 -2016 dengan melakukan turnaround.

Kepemimpinan Arsjad di Kadin berhasil memastikan dukungan yang kuat bagi pertumbuhan dan perkembangan dunia usaha di Indonesia dengan membangun hubungan yang erat dengan pemerintah, sektor swasta, dan organisasi internasional. 

Dalam kapasitasnya tersebut, dirinya berkomitmen memajukan perekonomian dan menciptakan lapangan kerja. Di ASEAN-BAC, Arsjad memimpin dan mengkoordinasikan berbagai inisiatif untuk mempromosikan kerjasama antar-negara anggota ASEAN. 

Wawancara eksklusif TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com dengan Arsjad Rasjid beberapa waktu lalu tentang gagasannya terhadap energi terbarukan dan ide-ide segar lainnya dapat disimak di https://www.youtube.com/watch?v=F6don1jRI3M

Editor: Redaksi

RELATED NEWS