LPS Jamin Simpanan 520,52 Juta Rekening Nasabah Bank Umum

Redaksi - Jumat, 04 Agustus 2023 21:12
LPS Jamin Simpanan 520,52 Juta Rekening Nasabah Bank UmumIlustrasi logo LPS (sumber: TrenAsia)

JAKARTA - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat jumlah rekening nasabah bank umum yang dijamin seluruh simpanannya mencapai 99,94% dari total rekening atau setara dengan 520,52 juta rekening hingga Juni 2023. 

Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa mengatakan, pihaknya telah mempertahankan Tingkat Bunga Penjaminan (TBP) perbankan untuk periode 1 Juni 2023 hingga 30 September 2023 di level 4,25% untuk simpanan dalam rupiah, 2,25% untuk simpanan valuta asing di bank umum, dan 6,75% untuk simpanan rupiah di Bank Perekonomian Rakyat (BPR).

Keputusan ini tentunya untuk menjaga momentum pemulihan ekonomi dan memperkuat stabilitas sistem keuangan (SSK) serta mengantisipasi risiko ketidakpastian dari faktor eksternal dan volatilitas pasar keuangan.

Purbaya mengungkapkan bahwa pihaknya juga melakukan penyesuaian kebijakan dengan menetapkan masa berakhirnya relaksasi denda premi simpanan yang mulai diterapkan untuk pembayaran premi periode I pada tahun 2024.

Menurutnya, kebijakan LPS akan tetap diarahkan untuk mendukung pemulihan ekonomi serta meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap perbankan termasuk dalam menjaga stabilitas sistem keuangan. 

Upaya untuk menjaga stabilitas sistem keuangan tersebut dengan memonitor kecukupan cakupan penjaminan simpanan sesuai Undang-Undang LPS, memastikan efektivitas mekanisme early involvement, dan koordinasi dengan anggota KSSK dalam resolusi.

"Termasuk dalam hal ini dilakukan upaya peningkatan pemahaman masyarakat terhadap tugas dan fungsi LPS di bidang penjaminan dan resolusi bank," pungkasnya.(*)

Editor: Redaksi
Tags bank umumLPSBagikan

RELATED NEWS