Lima Langkah Menjaga Pola Makan Seimbang untuk Kesehatan Jangka Panjang

Yunike Purnama - Minggu, 22 Oktober 2023 16:32
Lima Langkah Menjaga Pola Makan Seimbang untuk Kesehatan Jangka PanjangIlustrasi (sumber: Ist)

BANDARLAMPUNG - Pola Makan dan Nutrisi memainkan peran penting dalam menjaga kondisi fisik seseorang. Stabilitas kesehatan seseoranng tergantung dengan pola makan saat ini maupun pola makan di masa lalu. Masalah gizi, seperti stunting, bukanlah masalah yang muncul secara tiba-tiba, melainkan akibat akumulasi defisiensi atau kekurangan nutrisi yang terjadi selama beberapa tahap kehidupan, bahkan sejak masa pra-kelahiran hingga masa kehamilan.

Sangat penting bagi kita untuk memastikan bahwa setiap hidangan yang dikonsumsi telah mencakup berbagai komponen gizi. Dalam setiap makanan, pastikan terdapat kandungan nutrisi yang seimbang. Nutrisi seimbang di tunjukan dengan adanya unsur-unsur utama, termasuk makanan pokok, sumber protein hewani dan nabati, sayuran, buah-buahan, serta pentingnya cairan seperti air.

Dilansir dari kemkes.go.id, Kamis, 19 Oktober 2023, berikut beberapa langkah menjalani pola makan yang seimbang yang dapat diikuti:

1. Variasi dalam Konsumsi Makanan

Pastikan variasi makanan dalam setiap hidangan. Variasi mencakup tercukupinya konsumsi sumber karbohidrat sebagai sumber energi, protein dari berbagai sumber seperti ayam, ikan, tahu, tempe, serta memperkaya asupan nutrisi melalui buah yang kaya vitamin dan serat.

2. Diversifikasi Sumber Karbohidrat

 Selain nasi, sumber karbohidrat dapat diperoleh dari sumber lain, seperti singkong, jagung, ubi, talas, dan lainnya. Masing-masing sumber karbohidrat memiliki zat gizi yang berbeda, sehingga mengonsumsi berbagai jenis karbohidrat membantu memenuhi beragamnya kebutuhan nutrisi.

3. Kebutuhan Protein

Pastikan kebutuhan protein terpenuhi dengan baik. Sumber protein bisa berasal dari berbagai sumber baik protein nabati maupun protein hewani, termasuk daging, ayam, ikan, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, dan lainnya. Protein adalah elemen penting dalam pemeliharaan jaringan tubuh.

4. Makan Makanan Berserat 

Sertakan sayuran dan buah-buahan dalam setiap hidangan. Sayur dan buah mengandung serat, vitamin, dan mineral yang mendukung fungsi tubuh yang optimal. Serat juga memainkan peran penting dalam pencernaan dan kesehatan tubuh secara keseluruhan.

5. Minum Air yang Cukup

Air adalah elemen kunci dalam nutrisi. Pastikan untuk minum cukup air setiap hari. Tubuh manusia setidaknya membutuhkan 8 gelas air sehari. Tercukupinya kebutuhan air akan membantu tubuh menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh dan mendukung berfungsinya organ-organ dengan baik.

Dengan menjalani pola makan yang berimbang dan menjaga variasi makanan, Secara tidak langsung kita telah membantu tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan kesehatan. Selain itu, upaya ini juga memiliki peran penting dalam pencegahan stunting, yang telah menjadi masalah serius dalam masayarakat kita.

Melalui pilihan makanan yang sehat, kita telah berkontribusi pada kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik di masa mendatang. Apa yang kita makan tidak hanya memengaruhi kondisi fisik kita saat ini, tetapi juga membentuk masa depan kita. Oleh karena itu, menjaga pola makan seimbang adalah bagian integral dalam menjalani gaya hidup yang mendukung kesejahteraan dan kesehatan jangka panjang.(*)

Editor: Redaksi
Tags Makanan seimbangBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS