Lima Hal yang Bisa Dilakukan Saat Merasa Kesepian

Yunike Purnama - Minggu, 13 Agustus 2023 09:28
Lima Hal yang Bisa Dilakukan Saat Merasa KesepianPsikoterapis di Psychology Today Amy Moris menyarankan 5 hal yang bisa Anda lakukan ketika merasa kesepian. (sumber: Freepik)

JAKARTA - Kesepian dapat merusak kesehatan fisik dan emosional kita. Para peneliti telah menemukan bahwa kesepian berdampak buruk bagi kesehatan setara dengan merokok 15 batang per hari.

Penting bagi seseorang untuk melakukan strategi-strategi memerangi rasa kesepian.

Psikoterapis di Psychology Today Amy Moris menyarankan 5 hal yang bisa Anda lakukan ketika merasa kesepian.

1. Beri Tahu Orang Lain Bahwa Anda Merasa Kesepian

Memang langkah ini terasa memalukan ketika dilakukan namun ada kemungkinan orang-orang ini (keluarga, teman, sahabat) akan mengerti dan berusaha untuk terhubung dengan Anda.

Mantan PM Jepang Dorong Solidaritas Pertahanan untuk Taiwan

Budi Arie Usul Revisi UU Keterbukaan Informasi Publik

Melihat Langkah-Langkah Taspen Life Sejahterakan Pegawai

2. Terhubung Secara Online dengan Orang Lain

Media sosial telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Manfaatkanlah keuntungan ini. Terhubung dengan orang lain secara daring bisa menjadi cara terbaik untuk memerangi kesepian.

Contohnya seperti bergabung dengan grup media sosial atau menemukan forum komunitas, berinteraksi dengan orang lain secara online dapat membantu mengurangi rasa kesepian Anda.

3. Hubungi Teman Lama

Jika Anda tidak memiliki teman dekat atau keluarga yang dapat diajak berbicara, Anda dapat menghubungi orang-orang dari masa lalu Anda.

Karena menurut Amy terkadang lebih mudah untuk terhubung kembali dengan teman lama daripada menjalin hubungan baru.

4. Berlatih Membuka Diri

Amy berpendapat bahwa terkadang masalahnya bukan karena Anda tidak memiliki cukup banyak orang untuk dihubungi namun karena Anda tidak merasa terhubung dengan orang-orang di sekitar Anda.

Menurut Amy, ketika Anda merasa harus berpura-pura bahagia atau tidak bisa menjadi diri Anda yang sebenarnya, Anda akan merasa lebih kesepian ketika dikelilingi oleh orang lain dibandingkan ketika Anda sedang sendirian.

5. Mencari Bantuan Profesional

Jika Anda terus menerus terjebak dalam perasaan kesepian, mencari bantuan profesional dapat menjadi pilihan terbaik.

Psikolog dapat memberikan alat dan keterampilan untuk mengatasi perasaan kesepian Anda.

Mengatasi masalah kesepian dalam diri dapat membantu meningkatkan kesehatan mental dan kesejahteraan Anda. Sehingga menurut Amy kehidupan Anda juga akan lebih bahagia dan memuaskan. (*)

Editor: Redaksi
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS