Lima Cara Menghemat Tagihan Listik agar Tidak Membengkak Karena Kenaikan Tarif

Eva Pardiana - Senin, 20 Juni 2022 09:20
Lima Cara Menghemat Tagihan Listik agar Tidak Membengkak Karena Kenaikan TarifLima Cara Menghemat Tagihan Listik agar Tidak Membengkak Karena Kenaikan Tarif (sumber: Dok. PLN)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah mengumumkan kenaikan tarif listrik untuk pelanggan dengan golongan 3.500 VA ke atas per 1 Juli 2022. Bagi Anda yang masuk golongan panggan tersebut, ada baiknya menghemat penggunaan listrik agar tagihan tidak membengkak.

Berikut beberapa cara yang dapat Anda dilakukan untuk meminimalisir tagihan listrik seperti dilansir TrenAsia.com, jaringan KabarSiger.com.

1. Menghidupkan Alat Elektronik Seperlunya

Sebisa mungkin dalam menggunakan alat elektronik sesuai dengan kebutuhan, jika sudah tidak digunakan sebaiknya dicabut atau dimatikan. Langkah ini bisa membuat tagihan listrik lebih ringan.

2. Menggunakan Listrik Prabayar

Dengan menggunakan listrik sistem prabayar, Anda dapat mengatur sendiri seberapa penggunaan listrik rumah agar tetap hemat. Dari sini Anda dapat memperkirakan daya bulanan yang digunakan dan sesuaikan dengan kondisi finansial masing-masing.

3. Batasi Penggunaan Perangkat dengan Daya Besar

Microwave, AC, TV, Kulkas dan lainnya. Jika Anda tidak ingin tagihan listrik membengkak batasi penggunaan perangkat ini dengan menggunakan secara bergantian. Menggunakan perangkat berdaya besar secara bersamaan akan memperboros penggunaan listrik.

4. Menggunakan Lampu LED

Memanfaatkan lampu dapat membantu menghemat tagihan listrik, karena lampu LED terkenal menjadi lampu hemat listrik.

5. Buka Pintu dan Jendela saat Siang Hari 

Dengan membuka pintu dan jendela pada siang hari, selain agar sirkulasi udara masuk ke rumah, namun bisa juga sebagai pengganti kipas angin dan AC. (TA)

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 19 Jun 2022 

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS