Lima Bakal Calon Rektor Itera Paparkan Visi Misi, Tiga Calon Terpilih Ditentukan Sore Ini

Eva Pardiana - Kamis, 14 April 2022 14:43
Lima Bakal Calon Rektor Itera Paparkan Visi Misi, Tiga Calon Terpilih Ditentukan Sore IniPaparan visi, misi, dan program kerja bakal calon rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Periode 2022–2026 dalam Sidang Terbuka Senat, Kamis, 14 April 2022. (sumber: Eva Pardiana/Kabar Siger)

LAMPUNG SELATAN – Bakal calon rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) Periode 2022–2026 memaparkan visi, misi, dan program kerja dalam Sidang Terbuka Senat yang digelar Kamis, 14 April 2022 di aula lantai 4 gedung kuliah umum 1 kampus setempat.

Penyampaian visi, misi, dan program kerja tersebut secara resmi dibuka oleh Ketua Senat Itera, Prof. Sukrasno dan dipandu oleh moderator jurnalis senior Juwendra Asdiansyah. Hadir pula Rektor Itera Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU.

Meski bakal calon yang diumumkan ada enam, hanya ada lima yang hadir dalam sidang terbuka senat, yaitu nomor urut 1 Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha, nomor urut 2 Acep Furqon, S.Si., M.Si., Ph.D., nomor urut 3 Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward, nomor urut 4 Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, dan nomor urut 6 Imam Dr. Imam Achmad Sadisun.

Sementara bakal calon rektor nomor urut 5 Prof. Yasserli, S.T., M.T. tidak hadir karena mengundurkan diri. "Satu calon mengundurkan diri, kemungkinan akan diberi tugas lagi dari ITB (Institut Teknologi Bandung)," ujar Ketua Senat Prof. Sukrasno.

Sukrasno menyebut pemaparan visi misi dan program kerja ini digelar sebagai bahan pertimbangan bagi anggota senat untuk memilih calon rektor. Meski berkurang satu bakal calon, jumlah ini sudah memenuhi syarat yang ditentukan oleh Kemendikbudristek.

"Berdasarkan ketentuan Kementerian bakal calon rektor minimal berjumlah empat, alhamdulillah kita punya lima, jadi sudah memenuhi syarat. Selanjutnya hari ini juga sidang senat akan memilih tiga dari lima untuk diajukan ke Kementerian untuk di review," katanya.

Setelah diajukan ke Kemendikbudristek dan mendapat persetujuan, lanjut Sukrasno, akan ada satu sidang senat lagi untuk memilih satu di anatara tiga, dimana terdapat suara Mendikbudristek 35% di sana.

Sukrasno berharap, meski empat bakal calon lainnya nanti tidak terpilih sebagai rektor, semuanya akan tetap membantu memajukan Itera. "Kami sudah berupaya menginternalisasi Itera dalam pemikiran para bakal calon, sebelumnya sudah kami beri kesempatan jadi dosen tamu, dan kami tempatkan di wisma Itera supaya kenal situasi itera yang sebenarnya," ungkapnya.

Visi Masing-Masing Bakal Calon

Kandidat calon rektor nomor urut 1 Prof. Dr. I Nyoman P. Aryantha menyampaikan visinya mewujudkan kemandirian Itera sebagai kampus cerdas bermaslahat regional, bermarwah global.

Acep Furqon, S.Si., M.Si., Ph.D. sebagai kandidat calon rektor memiliki visi menjadikan Itera perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatra dan sekitarnya.

Bakal calon rektor nomor urut 3 Dr. Ir. Ian Yosef Matheus Edward menyampaikan visinya untuk mewujudkan Itera sebagai pemimpin perkembangan IPTEK di Sumatra yang mandiri dan berkepribadian berdasarkan asas sinergi dan gotong rotong.

Visi bakal calon rektor nomor urut 4 Prof. Dr. Ing. Ir. Suhardi, yakni menjadikan perguruan tinggi kelas dunia yang unggul, bermartabat, mandiri, dan sejahtera yang mampu mentransformasi potensi semua wilayah Sumatra dan sekitarnya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumatra, Indonesia, dan dunia.

Sementara visi bakal calon nomor urut 6 Imam Dr. Imam Achmad Sadisun adalah menjadikan Itera lembaga pendidikan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan disegani dunia yang mampu memandu pada peningkatan kecerdasan dan kesejahteraaan bangsa serta kondisi dunia yang lebih baik dan berkelanjutan dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatra dan sekitarnya. (EP)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS