Lakukan 7 Hal Berikut agar Anda Jadi Manusia yang Sangat Efektif

Redaksi - Minggu, 26 Februari 2023 07:15
Lakukan 7 Hal Berikut agar Anda Jadi Manusia yang Sangat EfektifIlustrasi kegiatan produktif (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - 7 Habits of Highly Effective People atau 7 Kebiasaan Manusia yang Sangat Efektif adalah buku best seller yang dikarang oleh Stephen R. Covey dan pertama kali diterbitkan di tahun 1989.

Saking larisnya, buku ini telah terjual lebih dari 15 juta kopi dalam 38 bahasa sejak publikasi pertamanya.

Kebiasaan adalah perilaku yang dilakukan secara berulang-ulang secara spontan dan tanpa berpikir. 

Hal ini karena perilaku tersebuat adalah respon terhadap sesuatu yang umumnya adalah perbuatan sehari-hari. Menurut Stephen R. Covey ada 7 kebiasaan manusia yang bisa dipraktikan agar hidup menjadi lebih efektif dan produktif.

1. Menjadi proaktif
Orang proaktif tidak hanya bereaksi terhadap kejadian dan situasi kondisi yang terjadi secara eksternal. Tetapi mereka juga mengambil tanggung jawab untuk perubahan yang terjadi di hidup mereka.

2. Memulai dengan tujuan
Jangan melakukan sesuatu tanpa tujuan karena ini hanya akan membuang-buang waktu Anda. Buatlah tujuan dan tentukan visi yang tepat untuk tujuan Anda.

Memiliki tujuan yang jelas juga memungkinkan Anda untuk melakukan usaha yang tepat agar mengubah semua tujuan tersebut menjadi kenyataan.

3. Dahulukan yang menjadi prioritas
Fokuslah pada tugas yang memang penting dan berkontribusi untuk goal utama Anda. Jika memungkinkan delegasikan tugas yang kurang mendesak dan kurang penting.

4. Berpikir win-win
Cobalah untuk selalu mencari solusi yang menguntungkan dan memuaskan kedua belah pihak. Kesuksesan Anda tidak harus datang dari kegagalan orang lain.

5. Berusahalah mengerti terlebih dahulu, baru dimengerti
Bayangkan Anda berada di posisi orang lain. Jangan hanya memberi saran dan nasihat tanpa mendengarkan dengan penuh empati kepada orang lain.

Menginginkan untuk dimengerti orang lain tanpa mencoba mengerti orang lain adalah salah satu kebiasaan buruk yang harus segera Anda hilangkan.

6. Bersinergi
Menurut Covey bekerja besama tim dari berbagai latar belakang yang beragam akan membuka jalan bagi solusi yang lebih kreatif dan menguntungkan.

7. Asahlah gergajinya
Cobalah untuk terus meningkatkan dan memperbarui empat dimensi Anda yaitu fisik, spiritual, mental dan sosial, dan alam. Hal ini akan membuat Anda menjadi manusia yang efektif tidak hanya dalam jangka pendek tetapi juga dalam jangka panjang.(*)

Editor: Redaksi
Tags Manusia produktif Bagikan

RELATED NEWS