Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Latih UMKM Gunakan Aplikasi Penjualan

Eva Pardiana - Sabtu, 25 Februari 2023 22:49
Dosen Universitas Teknokrat Indonesia Latih UMKM Gunakan Aplikasi PenjualanDosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) saat memberikan pelatihan kepada komunitas UMKM di Natar, Lampung Selatan, Minggu, 12 Januari 2023. (sumber: Dok. Tim PKM)

BANDAR LAMPUNG – Dosen Universitas Teknokrat Indonesia (UTI) memberikan pelatihan kepada komunitas usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) melalui program Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yang diketuai oleh Tri Darma Rosmala Sari, S.E., M.S.A.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Minggu, 12 Januari 2023 lalu dengan materi ‘Penggunaan Aplikasi Penjualan dan Digital Marketing untuk Optimalkan Pemasaran  Produk Komunitas UMKM di Natar, Lampung Selatan’.

Tri Darma Rosmala Sari menjelaskan anggota PKM berjumlah 3 dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) yaitu Dwi Tirta Kencana, S.E., M.S.Ak., Larasati Ahluwalia, S.E., M.Sc., dan Shiwi Angelica Cindiyasari Sihono, SE., MBA. Serta 5 mahasiswa yaitu Elvina Septiani (Mahasiwa Prodi Akuntansi), Nurul Sakinah (Mahasiswa Prodi Akuntansi), Meiza Anjelita (Mahasiswa Prodi Akuntansi), Dita Adeliya (Mahasiswa Prodi Akuntansi), dan Ginanti Vinni Fidian (Mahasiswa Prodi Sistem Informasi Akuntansi).

"Peserta diberikan pengetahuan bagaimana menyatukan link bisnis para pelaku UMKM, sehingga diharapkan dapat meningkatkan proses pemasaran produk ke konsumen. Digital marketing responsive secara fleksibel sehingga memungkinkan pelaku UMKM untuk mempromosikan produk secara digital," ujar Tri yang juga Ketua Program Studi Akuntansi dalam keterangan tertulisnya yang diterima Kabar Siger, Sabtu (25/2/2023).

Menurut Tri, materi difokuskan pada media sosial dan penggunaan Linktree dengan tujuan menciptakan branding usaha serta jangkauan pasar yang lebih luas, terlebih semua orang sudah banyak menghabiskan waktu dengan berselancar di media sosial sehingga diharapkan pelaku UMKM dapat memanfaatkan media sosial sebaik mungin sebagai tempat pemasaran produk usaha mereka.

Kegiatan ini disambut baik oleh ketua Komunitas UMKM Natar Lampung Selatan, Disnata Cahaya, yang turut hadir dalam agenda tersebut.

Pelaku usaha yang hadir dalam pelatihan ini sebanyak 24 UMKM, di antaranya Kopi Bubuk, Madu Sarang, Syakira Brownis Kering, Dayan Snacks, Dapoer Azza, Dapur Nenek, Ricky Snack, Yanti Cake n Donut’s, Dapur Bunda Anin, Kemplang Tunu, Kripik Pisang Umi, Wajik Kelapa, Peyek kacang, Ratu Selvy Collection, Sambal Asli Lampung, Jahe Merah Zala, Jamu Temulawak, dan Rumah Kue Rini.

Antusiasme pelaku UMKM cukup tinggi, hal itu terlihat dari keingintahuan mereka untuk memanfaatkan teknologi yaitu penggunaaan aplikasi penjualan yang membahas mengenai pencatatan penjualan, persediaan barang dagang dan catatan keuangan dari hasil usaha yang dapat memberikan informasi penting terkait dengan perkembangan usaha, selain itu dalam pelatihan digital marketing.

Para peserta yang hadir mengaku bersyukur  mengikuti kegiatan ini karena memperoleh tambahan wawasan dan pengetahuan. (Rls)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS