Kota Bandar Lampung Siap Helat Perayaan HUT Ke-340

Eva Pardiana - Rabu, 15 Juni 2022 13:51
Kota Bandar Lampung Siap Helat Perayaan HUT Ke-340Bundaran Tugu Adipura Bandar Lampung (sumber: Eva Pardiana/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Kota Bandar Lampung menginjak usia ke-340 tahun pada 17 Juni 2022 mendatang.  Untuk itu, Pemkot Bandar Lampung telah merancang serangkaian kegiatan untuk merayakan hari jadi Kota Tapis Berseri.

Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengatakan rangakaian kegiatan tersebut, di antaranya upacara bendera, tabur bunga, pawai budaya, pameran, perlombaan, sidang paripurna, serta sejumlah hiburan dengan menghadirkan artis Ibukota. Kegiatan akan dipusatkan di Stadion Mini Way Dadi Sukarame.

Eva menyebut perayaan ini bertujuan untuk menghibur masyarakat Bandar Lampung. “Kita bikin masyarakat bergembira, karena kita sudah tidak ada kegiatan HUT Bandar Lampung di beberapa tahun ini. Maka nanti kita akan ada gebyar-gebyar,” ujar Eva saat di wawancari, Selasa, 14 Juni 2022.

Pada perayaan HUT ke-340 Bandar Lampung ini, lanjut Eva, pihaknya menggunakan jasa pihak ketiga atau event organizer (EO) sebagai penyelenggara kegiatan.

Dalam rapat persiapan HUT Bandar Lampung di Aula Semergou bersama organisasi perangkat daerah (OPD), Eva menyebut akan mengundang artis Ibukota untuk menghibur masyarakat.

“Dan akan ada artis Ibukota juga datang ke sini. Melalui EO tersebut, artis ibukota akan dihadirkan langsung,” jelasnya.

Sekretaris Kota Bandar Lampung Sukarma Wijaya mengatakan saat ini persiapan HUT sudah hampir selesai. Dimana seluruhnya dilaksanakan oleh EO.

Menurut Sukarma, EO tidak sekadar melaksanakan kegiatan, namun juga membantu pemkot mencari sponsor kegiatan sehingga tidak membebani APBD.

“Kalau biaya (yang dikeluarkan Pemkot) hanya sekadar rutinitas yang sudah kita lakukan. Beda dengan Apeksi kemarin, karena kalau ini dari kita untuk kita,” ucap Sukarma.

Rangkaian HUT Bandar Lampung akan berlangsung 16–24 Juli. Sementara upacara bendera akan digelar pada Senin, 20 Juni 2022 yang dikomandoi langsung oleh Dandim 0410/KBL.

“Ibu Wali Kota nanti akan bertindak sebagai inspektur upacara, dan untuk tabur bunga di makam pahlawan itu nanti Pak Kapolresta (yang memimpin). Setelah usai upacara dan tabur bunga, pihaknya akan melaksanakan sidang paripurna disertai pemotongan tumpeng,” pungkasnya. (IQB)

RELATED NEWS