Kolaborasi Polda Lampung Bersama DJP BeLa Dalam Penegakan Hukum Perpajakan

Yunike Purnama - Kamis, 12 Januari 2023 09:54
Kolaborasi Polda Lampung Bersama DJP BeLa Dalam Penegakan Hukum Perpajakan (sumber: null)

BANDAR LAMPUNG - Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Bengkulu dan Lampung (BeLa) Tri Bowo  beserta jajaran melakukan kunjungan ke Kepala Kepolisian Daerah Lampung Irjen Pol Akhmad Wiyagus yang bertempat di Ruang Kepala Kantor Kepolisian Daerah Lampung, Kota Bandar Lampung.

Kakanwil DJP Lampung didampingi Kepala Bidang Penyuluhan, Pelayanan dan Hubungan Masyarakat (P2Humas) Sugiri Tejanagara, Kepala Bidang Pendaftaran, Ekstensifikasi dan Penilaian (Yusuf Sarnoto) dan Pelaksana Tugas Kepala KPP Pratama Bandar Lampung Satu Riduan Rizal.

Pertemuan dengan Kepala Kepolisian Daerah Lampung adalah kunjungan balasan dari kunjungan pertama sekaligus merupakan pertemuan kedua sejak Irjen Pol Akhmad Wiyagus menempati posisi sebagai Kepala Kepolisian Daerah Lampung.

Kunjungan ini merupakan ajang silaturahmi antara Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dengan teman-teman Kepolisian Daerah Lampung yang telah membantu Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dalam melaksanakan tugas menghimpun penerimaan perpajakan di provinsi Lampung.

Tri Bowo menyampaikan apresiasi kepada Kepolisian Daerah Lampung. Prestasi atas pencapaian hattrick penerimaan yang diraih oleh Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung selama Tahun 2020-2022, pencapaian target Kepatuhan SPT Tahunan Tahun 2021 dan 2022 serta keberhasilan Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung meraih predikat Zona Integritas Wilayah Bebas Korupsi (ZI WBK) merupakan hasil sinergi, kerjasama, bantuan dan dukungan dari semua pihak khususnya Kepolisian Daerah Lampung.

"Kami menyampaikan apresiasi dan terima kasih yang sebesar-besarnya untuk Kepolisian Daerah Lampung Lampung”, kata Tri Bowo Kepala Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dikutip Kamis, 12 Januari 2023. 

Kerjasama antara Kepolisian Republik Indonesia dengan Kementerian Keuangan Republik Indonesia khususnya Direktorat Jenderal Pajak, sudah lama terjalin dalam berbagai bidang.

Seperti dalam hal peningkatan kerjasama pelaksanaan tugas dan fungsi yang meliputi pertukaran dan pemanfaatan data dan/atau informasi intelijen dalam rangka penegakan hukum, operasi intelijen bersama, pencegahan dan penangkalan, pemulihan aset, penelusuran aset (asset tracing), forensik digital, dukungan personil dan/atau sarana dan prasarana, peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia.

Sinergi antara Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung dan Kepolisian Daerah Lampung menjadi momen yang baik untuk menjalin kerjasama yang lebih erat dalam bidang penegakan hukum untuk mengamankan penerimaan negara dari sektor perpajakan.

Dalam pertemuan ini, Irjen Pol Akhmad Wiyagus menyampaikan bahwa selama ini Kepolisian terus mendukung DJP dalam pelaksanaan tugas dan tanggung jawabnya sebagai institusi yang bertugas mengumpulkan penerimaan negara dari sektor perpajakan. Kepatuhan penyampaian SPT Tahunan tahun 2022 di Kepolisian Daerah Lampung sudah mencapai 100%.

Peningkatan kesadaran perpajakan di masyarakat harus terus dijaga, dimana penegakan hukum di bidang perpajakan menjadi salah satu peran yang sangat penting demi menjaga kepatuhan wajib pajak.

“Kami jajaran KepolisianDaerah Lampung siap dukung sepenuhnya DJP dalam menghimpun penerimaan negara,” ujar Irjen Pol Akhmad Wiyagus menutup audiensi bersama Kanwil DJP Bengkulu dan Lampung. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS