JPMorgan Prediksi India Jadi 3 Pasar Tercepat Tumbuh di Kawasan Asia Pasifik

Yunike Purnama - Rabu, 27 September 2023 16:41
JPMorgan Prediksi India Jadi 3 Pasar Tercepat Tumbuh di Kawasan Asia PasifikIlustrasi pertumbuhan pembangunan di India (sumber: Reuters)

JAKARTA - India dapat menjadi salah satu dari tiga pasar tercepat yang tumbuh di wilayah Asia Pasifik tahun depan, bersama dengan Australia dan Jepang. Ini karena India memiliki skala untuk menyerap bagian dari rantai pasokan yang ingin dipindahkan oleh banyak perusahaan di penjuru dunia.  

“Orang-orang mulai bersemangat tentang elemen China plus satu secara keseluruhan, dan meskipun negara-negara lain telah mendapat manfaat, India dapat menjadi penerima manfaat terbesar,” kata Filippo Gori, CEO JPMorgan untuk Asia Pasifik kepada Reuters, Rabu 27 September 2023. 

Perusahaan global seperti Apple Inc telah meningkatkan produksi di luar India, sementara yang lain seperti Tesla sedang dalam diskusi untuk memulai manufaktur di negara tersebut.

Ekonomi terbesar ketiga di Asia diperkirakan akan tumbuh sebesar 6,5% dalam tahun keuangan yang berakhir pada 31 Maret 2024—pertumbuhan tercepat di antara ekonomi utama—dan sedang berusaha menarik perusahaan-perusahaan global, termasuk dengan menawarkan insentif pajak dan lainnya.

“Menurut saya, satu komponen yang hilang (di India) adalah infrastruktur yang lebih terorganisir, yang lebih tersebar dan kurang seragam dibandingkan di China,” kata Gori, yang melihat manufaktur rendah meninggalkan China, namun manufaktur tinggi belum begitu.

Volume kesepakatan untuk JPMorgan, termasuk dalam hal merger dan akuisisi, serta penggalangan dana ekuitas dan utang, telah lemah di seluruh wilayah tahun ini. India tidak menjadi pengecualian meskipun ada antusiasme. “Tetapi tingkat permintaan dan aktivitas yang meningkat di India cukup signifikan,” kata Gori.

JPMorgan telah memperluas tim perbankan investasi di India, dengan menambahkan dua direktur senior manajemen dalam 12 bulan terakhir. Selain itu, bank ini juga telah mengembangkan divisi perbankan komersialnya, yang berfokus pada perusahaan menengah, selama lima tahun terakhir.

Di samping itu, bisnis pusat korporatnya yang menangani pekerjaan terkait offshoring telah tumbuh menjadi 50.000 karyawan sekarang, dibandingkan dengan 35.000 pada tahun 2018.

Mengomentari dampak perlambatan di China dan gejolak di pasarnya, Gori mengatakan bank ini belum melihat penurunan tajam dalam volume bisnis di pasar tersebut saat ini. “Saya rasa kita perlu membedakan antara berita utama dan bisnis sehari-hari karena China sebenarnya sangat tangguh.”(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS