Jangan Main Buang, Begini Tips Memanfaatkan Ampas Kopi

Yunike Purnama - Sabtu, 21 Januari 2023 05:43
Jangan Main Buang, Begini Tips Memanfaatkan Ampas KopiBubuk kopi kaya akan serat dan fenol, dan efek antioksidannya 500 kali lebih besar daripada yang ditemukan pada vitamin C. (sumber: Freepik )

BANDAR LAMPUNG - Minum kopi sudah menjadi budaya di seluruh dunia. Tetapi hanya sedikit yang memikirkan produk sampingannya, ampas kopi yang kebanyakan orang begitu saja membuangnya ke tempat sampah. Dan itu adalah kesalahan, karena ada banyak hal mengejutkan yang dapat Anda lakukan dengan ampas kopi bekas.

Beberapa keserbagunaan ini berasal dari fakta bahwa kopi mengandung nutrisi yang berharga. Para peneliti dari Universitas Granada Spanyol menemukan bubuk kopi kaya akan serat dan fenol, dan efek antioksidannya 500 kali lebih besar daripada yang ditemukan pada vitamin C. Tekstur bubuk kopi yang kasar adalah keuntungan lain.

Berikut enam cara kreatif untuk menggunakan kembali ampas kopi lama Anda.

1. Masukkan ke dalam Masakan
Bubuk kopi memberikan rasa berasap yang kaya saat dioleskan ke daging seperti iga dan brisket. Asam mereka juga melunakkan daging dan memperkuat rasanya. Meskipun banyak resep yang meminta untuk menggabungkan bubuk segar dengan bumbu lain untuk membuat bumbu kering, Anda dapat melakukan hal yang sama dengan bubuk bekas.

2. Membuat Lulur Tubuh
Bubuk kopi kasar dan berpasir. Dan pasir penting dalam hal lulur, yang mengelupas kulit Anda dengan menghilangkan kotoran dan sel-sel mati. Buat lulur tubuh atau wajah Anda sendiri dengan menggabungkan 3 sendok makan bubuk kopi, 1 sendok makan gula merah, dan 1 sendok makan minyak alami, seperti kelapa, zaitun, atau almond.

Aduk rata, lalu pindahkan ke dalam toples berpenutup. Untuk menggunakannya, usapkan dengan lembut ke kulit basah Anda, lalu bilas. Anda juga bisa membuat lulur pengelupas bibir dengan mencampur bubuk kopi dengan sedikit madu.

Penting untuk memastikan Anda menggunakan ampas berkafein dalam scrub tubuh Anda, karena kafein membantu melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar matahari, berkat sifat antioksidannya yang kuat. Kafein juga dapat menyebabkan peningkatan aliran darah ke area tersebut, yang bagus untuk kesehatan kulit.

3. Membuat Lilin Kopi
Jika Anda menyukai aroma kopi, gunakan ampas lama Anda untuk membuat lilin beraroma kopi. Lilin kopi buatan sendiri cenderung berbau lebih baik daripada versi komersial, karena lilin buatan sendiri menggunakan bubuk asli. Dan jika Anda dengan hati-hati melapisi lilin, itu juga cukup menarik. Keuntungan lainnya, saat bubuk kopi terbuka saat lilin menyala, panasnya akan melepaskan lebih banyak lagi aroma kopi yang menyejukkan.

4. Memerangi Selulit yang Tidak Terlihat
Sekitar 80 hingga 90 persen wanita dewasa memiliki selulit, suatu kondisi kulit yang menyebabkan gumpalan, daging berlesung pipit di paha, pinggul, perut, dan bokong. Ada banyak perawatan untuk kondisi yang tidak sedap dipandang ini, termasuk terapi laser dan sedot lemak yang mahal. Tetapi perawatan yang murah dan alami adalah scrub bubuk kopi.

Ambil bubuk kopi berkafein lama Anda, campur dengan air atau minyak kelapa, dan gosokkan ke seluruh selulit Anda. Bagaimana cara kerjanya? Kafein mendehidrasi sel, jadi menggunakan scrub ini bisa membuatnya kurang terlihat.

Anda harus melakukan ini setiap hari agar menjadi paling efektif. Perlu diketahui juga bahwa sebagian besar perawatan selulit - bahkan yang paling mahal sekalipun - biasanya tidak menghasilkan perubahan yang dramatis.

5. Menetralkan Bau
Anda mungkin menyukai aroma kopi. Tetapi kopi, berkat nitrogen yang dikandungnya, juga bisa menyerap bau di rumah.

Untuk menghilangkan bau tak sedap di dapur atau lemari es Anda, tinggalkan beberapa bubuk bekas kering dalam mangkuk di meja dapur atau di belakang lemari es Anda. Anda juga bisa menaburkan bubuk kopi bekas kering di atas karpet untuk menghilangkan bau karpet (biarkan semalaman dan vakum di pagi hari). Atau ikat beberapa di kaus kaki lama untuk menyegarkan mobil atau tas olahraga Anda.

6. Rawat Kebun Anda
Mungkin penggunaan kembali ampas kopi tua yang paling populer ada di kebun, karena Anda dapat menggunakannya dengan berbagai cara. Pertama, banyak serangga menganggap kopi beracun, jadi taburkan bubuk kopi secara bebas di sekitar tanaman yang diserang semut, siput, atau belalang.(*)

Editor: Redaksi
Tags Bubuk kopi Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS