IPO Hari Ini, Simak Profil Lengkap Oscar Mitra Sukses Sejahtera

Yunike Purnama - Selasa, 17 Mei 2022 08:08
IPO Hari Ini, Simak Profil Lengkap Oscar Mitra Sukses SejahteraPT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa, 17 Mei 2022. (sumber: Shutterstock)

JAKARTA - PT Oscar Mitra Sukses Sejahtera Tbk akan melaksanakan penawaran umum perdana saham atau Initial Public Offering (IPO) di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini, Selasa, 17 Mei 2022 sekaligus menjadi perusahaan tercatat ke-20 di BEI pada tahun 2022.

Mengutip laman e-IPO, Oscar Mitra Sukses Sejahtera atau dengan kode OLIV ini adalah perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan furniture online. Sebagai salah satu pioneer di penjualan online, perseroan diundang untuk bekerja sama dengan berbagai marketplace, salah satunya JD.ID.

Awalnya, Oscar Mitra Sukses Sejahtera menggunakan kesempatan tersebut sebagai Channel (Saluran) penjualan tambahan untuk kegiatan usahanya. Namun dengan meningkatnya tren belanja online dan akibat pandemi Covid-19 yang berkepanjangan, pada saat ini penjualan online menjadi salah satu kontribusi terbesar terhadap penjualan Perseroan.

Oscar Mitra Sukses Sejahtera terus menambah berbagai produk baru, baik brand maupun sub-kategori seperti Laundry & Cleaning, Baby Furniture, Plastic Furniture, untuk melengkapi portofolio Perseroan yang bertujuan untuk meningkatkan penjualan. Produk-produk yang dipasarkan Perseroan merupakan hasil “PRODUKSI DALAM NEGERI”.

Dalam menjalankan usahanya, Oscar Mitra Sukses Sejahtera banyak melakukan kolaborasi dengan UMKM dan pengrajin tenun yang menghasilkan Sofa hingga Sofabed. Furnitur tersebut menggunakan kain “TENUN TROSO” yang menjadi best-seller hingga saat ini.

Dalam rencana IPO, Oscar Mitra Sukses Sejahtera menawarkan 400 juta saham ke publik atau setara dengan nilai nominal Rp10 per saham. Sementara, saham yang dipegang oleh jajaran direksi dan pendiri mencapai Rp1,5 miliar. Dengan begitu, OLIV mencatatkan 1,9 miliar saham di BEI.

Dalam penjatahannya, OLIV menetapkan harga IPO sebesar Rp100 per saham. Harga ini merupakan batas bawah dari harga penawaran yang berada dalam kisaran Rp100 hingga Rp125 per saham.

Berdasarkan laporan BEI, perusahaan yang bergerak di bidang perdagangan eceran furnitur untuk barang perlengkapan rumah tangga dan perlengkapan dari ini akan meraup dana segar sejumlah Rp40 miliar.

Selain saham, OLIV akan mencatatkan waran Seri I. Adapun jumlah waran yang ditawarkan sebesar 400 juta waran yang mewakili 26,67 persen dari jumlah saham yang telah ditempatkan dan disetor.

Perlu diketahui, berdasarkan laporan keuangan perusahaan, per Oktober 2021, OLIV mencetak penjualan sebesar Rp39,39 miliar, melonjak 64,88 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya yang hanya Rp23,89 miliar.

Selain itu, laba tahun berjalan OLIV juga melonjak dua kali lipat lebih, yaitu dari Rp206,32 juta menjadi Rp525,08 juta per Oktober 2011.

Penjualan produk plastik menjadi kontributor terbesar bagi penjualan OLIV. Nilai penjualannya per Oktober 2021 mencapai Rp16,32 miliar. Angka ini naik dari Rp7,74 miliar setahun sebelumnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags OLIV Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS