Perayaan Waisak di Wihara Thay Hin Bio Sebarkan Cinta Kasih Sesama Manusia

Eva Pardiana - Senin, 16 Mei 2022 19:14
Perayaan Waisak di Wihara Thay Hin Bio Sebarkan Cinta Kasih Sesama ManusiaUmat Buddha di Bandar Lampung merayakan hari Tri Suci Waisak Hari Raya Wu 2566 BE di Vihara Thay Hin Bio, Bandar Lampung, Senin, 16 Mei 2022. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Puluhan umat Buddha di Bandar Lampung merayakan perayaan hari Tri Suci Waisak Hari Raya Wu 2566 BE di Wihara Thay Hin Bio, Bandar Lampung, Senin, 16 Mei 2022. 

Perayaan Waisak kali ini mengangkat tema "Dalam Cinta Kasih Semua Bersaudara".

Rohaniawan Wihara Thay Hin Bio, Virya Parama, menjelaskan Hari Raya Waisak merupakan ungkapan rasa syukur umat Buddha yang diwujudkan dengan sembahyang, doa dan memandikan rupang Buddha secara bergilir.

"Hari Raya Waisak berkaitan dengan tiga peristiwa penting, yaitu kelahiran Sidharta Gautama, Penerangan Sempurna, dan Parinibbana, yakni semua makhluk dan para dewa bersujud sebagai tanda penghormatan terakhir kepada sang Buddha," ungkap dia.

Menurut Virya, Waisak dimaknai agar manusia bisa saling mencintai, tetapi tidak harus memiliki. "Semua umat beragama harus saling cinta kasih, menjaga kebersamaan, dan saling menghormati, demi keutuhan bangsa yang dicintai," ujarnya.

Dua Tahun Tidak Bisa Merayakan di Vihara

Salah satu umat Buddha, Juli mengaku senang akhirnya bisa merayakan Hari Raya Waisak secara langsung di wihara. Sebab, telah dua tahun tidak dapat merayakan secara langsung, hanya melakukan sembahyang secara online.

"Walaupun begitu, perayaan Waisak tetap dilakukan dengan sederhana, tetapi dengan penuh khidmat, tidak ada kendala, dan protokol kesehatan," pungkasnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS