Intip Fitur Smartphone Masa Depan, Kamu Minat yang Mana?

Yunike Purnama - Minggu, 15 Januari 2023 10:09
Intip Fitur Smartphone Masa Depan, Kamu Minat yang Mana?Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang berharap melihat fitur-fitur baru dan peningkatan yang mengubah bagaimana manusia berinteraksi dengan perangkatnya. (sumber: Dok Samsung)

BANDAR LAMPUNG - Smartphone yang akan hadir di masa depan akan dipenuhi dengan berbagai kemungkinan. 

Seiring berkembangnya teknologi, banyak orang berharap melihat fitur-fitur baru dan peningkatan yang mengubah bagaimana manusia berinteraksi dengan perangkatnya.

Mengutip Gizchina, Minggu, 15 Januari 2023, berikut adalah 5 fitur yang kemungkinan akan ada di smartphone masa depan. Apa saja dan fitur smartphone masa depan mana yang paling kamu tunggu kehadirannya?

1. Artificial Intelligence

Pertama dan terpenting, smartphone masa depan diharapkan akan mengusung kehadiran artificial intelligence yang lebih maju. Saat ini AI sudah mulai berperan dalam sebuah smartphone, misalnya kehadiran asisten virtual seperti Siri, Alexa, hingga Google Assistant yang kian populer.

Di masa depan, kita bisa mengharapkan AI terintegrasi lebih dalam lagi ke perangkat kita, dengan begitu smartphone akan mengizinkan pengalaman lebih personal dan efisien.

Misalnya, AI bisa mempelajari preferensi dan kebiasaan pengguna, membuat saran dan memberikan informasi paling sesuai dengan yang dicari pengguna. Selain itu, bisa juga artificial intelligence menangani tugas yang lebih kompleks, misalnya menjadwalkan dan mengelola email.

2. Layar Lipat, Bisa Digulung, atau Ditarik

Tren lain di masa depan smartphone adalah meningkatkan kehadiran layar yang dapat dilipat. Teknologi ini memungkinkan smartphone memiliki layar yang bisa dilipat setengah atau menawarkan manfaat lainnya.

Misalnya, layar mengizinkan layar lebih besar untuk perangkat berukuran kecil. Dengan begitu, smartphone bisa lebih mudah dibawa kemana-mana.

Layar yang dapat dilipat juga membuka kemungkinan baru untuk fungsi multitasking, gaming, atau menyaksikan video dan membaca ebook. Kini sudah ada sejumlah vendor yang menghadirkan smartphone layar lipat, namun di masa depan fitur ini diharapkan bisa diadopsi lebih luas.

3. Jaringan 5G

Jaringan 5G adalah teknologi lainnya yang akan memiliki dampak signifikan pada masa depan smartphone. Dengan kecepatan unduh yang makin cepat, jaringan 5G memungkinkan streaming dan browsing lebih cepat, serta koneksi lebih bisa diandalkan.

Jaringan 5G juga memungkinkan berjalannya teknologi-teknologi baru seperti augmented reality dan virtual reality yang lebih mudah diakses konsumen.

Dengan jaringan 5G, pengguna bisa melihat berbagai use case baru yang sebelumnya tidak mungkin ada dengan jaringan 4G, misalnya aplikasi-aplikasi IoT atau proyek smart city.

4. Internet of Things

Kebangkitan Internet of Things (IoT) juga akan memainkan peran penting dalam industri smartphone. IoT merujuk pada keterhubungan perangkat-perangkat sehari-hari, misalnya lemari es, thermostat, hingga mobil melalui internet.

Dengan smartphone yang berfungsi sebagai hub untuk semua perangkat, pengguna bisa berharap melihat integrasi lebih mulus antar berbagai gadget dan peralatan. Hal ini akan memungkinkan pengguna mengontrol dan memantau rumah dari jarak jauh.

Pengguna juga bisa mendapatkan notifikasi jika kompor di rumah ternyata masih menyala. Di masa depan, pengguna bisa berharap ada lebih banyak perangkat dan peralatan rumah tangga pintar yang bisa dikontrol smartphone

5. Keamanan

Terakhir, masa depan smartphone juga mencakup fokus yang lebih besar pada privasi dan keamanan. Dengan makin banyaknya informasi pribadi yang disimpan di perangkat ini, akan ada peningkatan permintaan fitur keamanan yang melindungi pengguna dari peretasan dan pelanggaran data.

Selanjutnya, kita juga mungkin akan melihat munculnya solusi berbasis desentralisasi dan blockchain. Hal ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kontrol lebih besar atas data mereka. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS