Instagram Mulai Uji Coba Fitur Repost Baru

Yunike Purnama - Jumat, 09 September 2022 13:33
Instagram Mulai Uji Coba Fitur Repost BaruJejaring sosial Instagram bersiap untuk menguji coba fitur baru yang nantinya dapat membagikan ulang postingan dari pengguna lain. (sumber: The Verge)

BANDAR LAMPUNG - Jejaring sosial Instagram bersiap untuk menguji coba fitur baru yang nantinya dapat membagikan ulang postingan dari pengguna lain.

Meskipun Instagram belum merilis fitur repost secara publik, tetapi pihaknya berencana untuk segera mengujinya dengan pengguna tertentu.

“Kami sedang menjajaki kemampuan untuk membagikan ulang postingan di Feed, mirip dengan cara Anda membagikan ulang di Stories, sehingga orang-orang dapat membagikan apa yang sesuai dengan mereka, sehingga kreator asli dihargai atas karya mereka,” kata juru bicara Meta.

“Kami berencana untuk segera menguji fitur repost dengan sejumlah kecil orang,” imbuhnya.

Dilansir dari Techcrunch, Jumat, 9 September 2022 fitur baru tersebut pertama kali ditemukan oleh konsultan media sosial Matt Navarra, yang memposting tangkapan layar dengan menampilkan tab Repost.

Tab tersebut kemungkinan akan menjadi wadah bagi semua postingan yang telah dibagikan ulang oleh pengguna di akun mereka.

Menurut tangkapan layar, tab Repost akan muncul di profil pengguna di samping tab posting, reels, dan foto yang ditandai.

Saat ini tidak ada cara langsung untuk membagikan ulang postingan dari pengguna lain di Instagram, tetapi pengguna yang ingin membagikan ulang postingan terkadang menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk melakukannya.

Penambahan fitur repost akan menghilangkan kebutuhan akan solusi saat harus membagikan ulang postingan.

Sementara itu, konsep repost yang ada di media sosial, berawal dari fitur Retweet Twitter, yang kemudian diadopsi oleh platform lain.

Rencana Instagram untuk meluncurkan fitur repost, datang ketika TikTok berhasil menguji versi retweet Twitter sendiri dengan penambahan tombol "Repost" baru yang memungkinkan pengguna untuk memperkuat video di platform dengan membagikannya dengan pengikut mereka sendiri.

Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh Navarra, fitur repost di Instagram akan muncul di feed pengikut Anda dan juga akan ditampilkan di profil Anda serta di tab repost yang ditentukan.

Tampaknya Instagram telah mengerjakan repost dalam beberapa bulan terakhir. Menurut tangkapan layar yang dibagikan oleh peneliti aplikasi Alessandro Paluzzi, pengguna Instagram akan dapat menemukan opsi repost di menu bagikan.

Seperti halnya fitur pengujian lainnya, tidak diketahui kapan atau apakah Instagram berencana untuk merilis fungsionalitas repost ke semua pengguna. (*)

Editor: Yunike Purnama
Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS