Ini Cara Transfer Saldo PayPal ke Rekening Bank

Yunike Purnama - Senin, 01 Agustus 2022 08:38
Ini Cara Transfer Saldo PayPal ke Rekening BankIlustrasi PayPal. (sumber: Shutterstock)

BANDARLAMPUNG - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mencabut sementara blokir Paypal di Indonesia. Pembukaan akses ini diharapkan bisa dimanfaatkan warga untuk migrasi atau memindahkan uangnya dari PayPal ke bank atau layanan keuangan lainnya yang tak diblokir di Indonesia.

PayPal sendiri adalah layanan keuangan yang tersedia di 202 negara dalam 25 mata uang. Kemudahan ini membuatnya kerap digunakan pengguna untuk bertransaksi lintas-negara.

Sebelum menarik uangnya di PayPal, pengguna harus memiliki minimal saldo 10 dolar AS. Transfer akan dikenakan biaya Rp16 ribu untuk penarikan dana di bawah 100 dolar.

Lantas, bagaimana cara transfer saldo PayPal ke rekening bank pribadi? Berikut ini langkahnya.

Cara Transfer Saldo PayPal ke Rekening Bank

Begini cara mentransfer saldo PayPal kamu ke rekening bank.

Login akun Paypal

Buka aplikasi PayPal di HP kamu, kemudian login menggunakan alamat e-mail dan kata sandi yang sudah didaftarkan.

Pilih Withdray Money

Scroll aplikasi ke bawah hingga menemukan “PayPal Balance”, kemudian klik dan pilih “Withdraw Money”.

Pilih rekening bank

Pada opsi Add to Wallet, pilih rekening bank yang sudah terhubung ke aplikasi. Kemudian klik berikutnya.

Masukkan jumlah saldo

Masukkan jumlah saldo PayPal yang ingin ditarik.

Transer uang

Kamu akan diarahkan ke halaman rincian transfer berupa nama rekening bank, jumlah total transfer lengkap dengan nilai tukar dolar terhadap rupiah. Pastikan semua data diisi dengan benar dan klik Transfer.

Proses pencairan sendiri memakan waktu dua hingga empat hari kerja. Kamu disarankan untuk lakukan transaksi pada hari kerja, yaitu Senin-Rabu. Pada hari libur PayPal tidak melayani transaksi.

Kominfo buka sementara blokir PayPal

Platform transfer uang tersebut masuk dalam daftar PSE asing yang dihentikan sementara oleh Kominfo. Pasalnya usai mendapat surat teguran, Paypal masih ‘membandel’ untuk tidak mendaftarkan diri.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Dirjen Aptika) Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan pihaknya telah mencabut penutupan akses terhadap Paypal. Sayangnya, pembukaan ini bersifat sementara.

Blokir tersebut hanya dibuka selama 5 hari kerja, per Minggu, 31 Juli 2022 pukul 08.00 WIB pagi. Artinya, batas terakhir imigrasi saldo Paypal masyarakat adalah Jumat, 5 Agustus 2022.

"Mendengarkan masukan dari masyarakat, khususnya untuk aplikasi Paypal yang banyak digunakan oleh masyarakat yang ini mengingatkan, dan kementerian juga sudah memberikan suatu kebijakan baru yang kami sudah membuka sementara per jam 8 pagi tadi kami sudah membuka proses pembukaannya sudah dilakukan," ujar Semuel Abrijani Pangerapan, Dirjen Aptika Kominfo. (*)

Editor: Yunike Purnama
Tags PayPal Bagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS