Ikuti 5 Cara Menabung untuk Anda yang Suka Traveling

Eva Pardiana - Selasa, 09 November 2021 18:48
Ikuti 5 Cara Menabung untuk Anda yang Suka TravelingIkuti 5 Cara Menabung untuk Anda yang Suka Traveling (sumber: Pixabay.com)

JAKARTA – Bagi Anda penyuka jalan-jalan atau traveling, namun kerap terbentur masalah minimnya anggaran, sudah saatnya Anda merancang anggaran liburan dengan baik.

Tidak hanya merancang anggarannya, Anda juga harus menabung untuk mewujudkan keinginan Anda traveling ke berbagai tempat. Berikut lima cara yang dapat Anda lakukan untuk menabung dana traveling.

1. Tetapkan Anggaran Liburan

Mengetahui seberapa banyak biaya liburan adalah salah satu faktor utama yang perlu Anda ketahui saat merencanakan perjalanan. Selain itu, membuat anggaran liburan lebih dari sekadar memberi ketenangan pikiran, karena Anda jadi lebih siap mengenai biaya apa saja yang Anda keluarkan.

Biaya liburan yang perlu dipetimbangkan meliputi transportasi, penginapan, makanan, tiket tempat wisata dan souvenir, uang jaminan, sampai mempersiapkan biaya tak terduga.

2. Berkomitmen pada Rencana Tabungan

Mungkin tampak berlebihan mencoba menabung untuk perjalanan besar, terutama setelah Anda mencantumkan angka-angkanya. Tetapi, merencanakan ke depan berarti Anda akan memiliki waktu untuk menabung terlebih dahulu untuk semua pengeluaran liburan.

Cara termudah untuk membuat rencana tabungan adalah dengan membagi anggaran yang diproyeksikan dengan jumlah bulan sampai liburan Anda. Angka ini menunjukkan jumlah uang yang harus Anda simpan setiap bulan agar memiliki cukup tabungan untuk perjalanan.

3. Otomatiskan Tabungan Anda

Mungkin Anda merasa keberatan saat ingin mentransfer uang ke tabungan liburan. Anda bisa menyiasatinya dengan mengotomatiskan proses tersebut dengan mengetahui layanan bank yang menyediakan layanan tertentu.

4. Pertimbangkan Melakukan Pekerjaan Sampingan

Anda bisa menambah tabungan liburan Anda dengan melakukan pekerjaan sampingan baru. Selain itu, Anda bisa saja menyiasatinya dengan mengurangi pengeluaran seperti menyewa kamar untuk dua orang.

5. Kurangi Pengeluaran Sehari-hari

Jika Anda ingin bisa liburan, Anda sebaiknya mulai mengurangi pengeluaran sehari-hari yang tidak terlalu penting, seperti TV kabel, makan di luar rumah, dan langganan yang tidak perlu. (*)

 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 07 Nov 2021 

Editor: Eva Pardiana
Bagikan

RELATED NEWS