Humas IIB Darmajaya Berbagi Tips Membuat Press Release Menarik

Yunike Purnama - Minggu, 10 April 2022 18:09
Humas IIB Darmajaya Berbagi Tips Membuat Press Release MenarikLukman Hakim, S.P., M.M., Humas IIB Darmajaya dalam seminar “Improve Your Writing Skills With Press Release Public Relation” yang digelar PR Laboratory 3 HMJ Ilmu Komunikasi Unila secara virtual Sabtu, 9 April 2022. (sumber: Humas IIB Darmajaya )

BANDARLAMPUNG - Siaran pers atau press release  menjadi poin penting bagi perusahaan atau lembaga untuk dapat meningkatkan citra positif yang disampaikan ke masyarakat.

Namun, saat ini masih ada sebagian perusahaan atau lembaga yang belum maksimal memanfaatkan press release.

“Hal ini sangat disayangkan, karena dapat membuat masyarakat tidak mengenal suatu lembaga atau perusahaan. Maka sangat disarankan bagi perusahaan atau lembaga untuk menggunakan press release khususnya dalam promosi,” kata Lukman Hakim, S.P., M.M., Humas Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya dalam webinar Improve Your Writing Skills With Press Release Public Relation pada Sabtu, 9 April 2022.

Kegiatan ini berkerjasama dengan PR Laboratory 3 Public Relation Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Ilmu Komunikasi Universitas Lampung.

Lukman Hakim yang juga Pimpred Nenemonews.com, juga menjelaskan press release dalam suatu perusahaan atau lembaga biasanya ditulis oleh bagian humas.

“Bagian humas inilah yang akan menghubungkan kepentingan perusahaan atau lembaga dengan masyarakat. Biasanya, press release dalam bentuk informasi berupa tulisan dari perusahaan atau lembaga agar masyarakat banyak yang tahu,” kata dia.

Dalam acara yang dipandu moderator Satria Jamus, Lukman Hakim juga menjelaskan dilihat secara sekilas, press release berbentuk seperti sebuah berita, tetapi disisipkan sebuah promosi atau sebuah branding perusahaan atau lembaga.

“Sehingga, penulisan press release sangat membutuhkan yang namanya ketelitian dan pemilihan bahasa yang menarik, dan dipahami untuk dibaca oleh banyak orang,” kata dosen Prodi Manajemen IIB Darmajaya tersebut.

Menjawab pertanyaan peserta mengapa siaran pers dibutuhkan? Lukman Hakim menjelaskan press release sangat penting karena dapat mengenalkan sebuah produk atau program perusahaan.

Selain itu, berguna untuk memberitahukan sebuah informasi yang berkaitan dengan suatu kegiatan yang akan dilaksanakan oleh perusahaan atau lembaga.

 “Kemudian, memberikan informasi yang berhubungan dengan perusahaan atau organisasi yang akan diinformasikan,” kata dia.

Intinya, kata dia, pembuatan press release membutuhkan kemampuan berpikir yang sangat tinggi supaya tidak ada kesalahan dalam penulisan. 

“Selain itu, menggunakan bahasa yang dapat menarik pembaca, hingga mengalihkan berita miring yang berkaitan dengan perusahaan atau organisasi,” kata dia.

Lukman Hakim juga menjelaskan dalam pembuatan press release, seorang humas perlu mengetahui struktur-strukturnya, yaitu, judul, teras, dan isi.

Dia juga menjelaskan macam-macam press release, seperti Basic Publicity Release, Product Release, dan Financial Release.

“Judul harus menarik, teras harus jelas menggunakan subjek dan 5W-1H, serta hindari istilah-istilah yang tidak familiar ditelinga masyarakat. Tempatkan informasi penting di paling atas dalam isi press realease, dan gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan benar, walaupun penuh gimick,” kata dia. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS