Hindari! Lima Kalimat yang Buat Anda Kurang Profesional

Yunike Purnama - Sabtu, 05 Agustus 2023 21:19
Hindari! Lima Kalimat yang Buat Anda Kurang ProfesionalKekuatan kata-kata sangat berpengaruh terhadap bagaimana orang melihat Anda. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Kekuatan kata-kata sangat berpengaruh terhadap bagaimana orang melihat Anda. Kata-kata yang Anda ucapkan dapat membuat orang lain menilai apakah Anda kuat atau lemah, yakin atau tidak, percaya diri atau tidak, dapat dipercaya atau tidak. 

Memperhatikan pemilihan kata-kata yang akan diucapkan dapat membantu Anda terlihat profesional di tempat kerja. Hal ini tentu saja membawa banyak keuntungan baik bagi Anda maupun perusahaan

Berikut ini TrenAsia.com jaringan Kabarsiger.com merangkum kalimat yang sebaiknya tidak Anda ucapkan di tempat kerja dan kalimat yang tepat untuk menggantinya. 

1. Apakah Boleh? / Apakah Tidak Apa-Apa?

Penggunaan kalimat apakah boleh? tau apakah tidak apa-apa? hanya akan membuat Anda terlihat kurang percaya diri pada rencana dan tindakan Anda. 

Sebaliknya, yang harus Anda lakukan adalah untuk memastikan bahwa Anda tahu apa yang sedang Anda bicarakan. Terlebih ketika berkomunikasi dengan klien, tentunya Anda ingin memastikan bahwa mereka bisa mendapat apa yang mereka butuhkan dari produk atau layanan Anda. 

Ketika Anda sedang berbicara dengan manajer dan menyarankan sebuah rencana lebih baik uraikan rencana tersebut dan periksa persetujuan manajer dengan mengatakan “Beritahu saya jika saya harus melanjutkan,” alih-alih bertanya “Apakah boleh?”

2. Kamu Salah 

Apapun niat Anda dibalik ucapan ini, tidak ada satupun orang yang suka mendengar kalimat ini. Kalimat ini hanya akan mengantarkan kepada interaksi negatif. 

Memang benar kita tidak bisa selalu setuju dengan semua hal, namun diskusi yang lebih baik bisa mengarahkan pada solusi. 

Alih-alih mengatakan “kamu salah” cobalah mengganti dengan kalimat “Saya tidak setuju dan inilah alasannya… bagaimana menurutmu?”

3. Ini Mungkin Terdengar Konyol tapi…

Pembuka kalimat seperti ini secara otomatis menempatkan pendapat yang Anda usulkan pada posisi mudah ditolak. 

Cobalah ganti dengan kalimat seperti “Ini ide”, “Ini saran”, atau “Ini sesuatu untuk dipertimbangkan”. 

Tiga kalimat di atas dapat membantu Anda menyampaikan ide dengan yakin dan percaya diri. (*)

Editor: Redaksi
Tags profesionalBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS