Anti Kena Tolak, Berikut Tips Membujuk Orang Lain Untuk Jadi Mentor Anda

Yunike Purnama - Sabtu, 05 Agustus 2023 18:08
Anti Kena Tolak, Berikut Tips Membujuk Orang Lain Untuk Jadi Mentor AndaIlustrasi mentor (sumber: Pexels)

BANDARLAMPUNG - Mentor adalah seseorang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan di bidang tertentu serta bersedia memberikan bimbingan kepada orang lain yang ingin mengembangkan diri di bidang yang sama. 

Belajar langsung dari mentornya terbukti bisa mengakselerasi proses panjang seseorang dalam mencapai tujuannya. Namun sayangnya meminta seseorang untuk menjadi mentor profesional Anda mungkin akan terasa canggung. Terlebih tidak pernah ada langkah-langkah pasti yang harus ditempuh untuk melakukannya. 

Profesor Manajemen Kursus Pembelajaran LinkedIn Dr. Ellen Ensher dan Emilie Aries berbagi cara yang bisa Anda gunakan untuk meminta seseorang menjadi mentor Anda.

Pertimbangkan Apa yang Anda Inginkan dalam Mentoring 

“Sebelum Anda terhubung dengan seorang mentor, Anda harus tahu siapa diri Anda dan apa yang Anda inginkan dari seorang mentor,” jelas Dr. Ensher.

Menjawab beberapa pertanyaan eksplorasi dalam pikiran Anda sendiri akan membantu Anda menemukan arah yang jelas.

Mengapa Anda ingin seorang mentor? Bagaimana mentor dapat membantu mencapai tujuan Anda? Apa tujuan yang ingin Anda capai dengan mentor Anda?

Langkah Menentukan Apa yang Anda Inginkan

Sementara itu, Aries menyarankan sistem tiga langkah untuk menentukan apa yang Anda inginkan dari sebuah mentoring. 

1. Mulailah dengan Apa yang Ingin Anda Pelajari

“Sebelum Anda mencari mentor, ketahuilah apa yang ingin Anda pelajari dari mereka.” Ini bisa sespesifik hard skill atau sekadar saran tentang cara mengembangkan karier Anda di masa depan.

2. Cari Tahu Dimana Anda Bisa Menemukan Mentor 

Aries menyebut orang-orang yang potensial untuk dijadikan mentor biasanya ada di acara-acara industri “Menemukan grup pertemuan dan menghadiri acara industri adalah cara yang bagus untuk bertemu orang-orang yang mungkin memiliki keahlian yang Anda cari.”

3. Hampiri Orang-Orang yang Anda Sukai

Menghampiri dan mengajak berbincang mereka disebut Aries bertujuan untuk “mengidentifikasi orang-orang yang kariernya Anda kagumi dan ingin Anda tiru.”

Meminta dengan Cara yang Benar 

Aries menyarankan Anda untuk tidak secara langsung meminta orang-orang ini menjadi mentor Anda. Misalnya dengan tiba-tiba bertanya, “Maukah Anda menjadi mentor saya?”. Permintaan ini menurut Aries menyiratkan manfaat satu arah. 

Jadi untuk menghindari hal tersebut, Aries menyarankan Anda untuk menggunakan sistem empat langkah berikut:

1. Pertama, ajak bicara 

“Tawarkan untuk membelikan mereka secangkir kopi, atau mampir ke kantor mereka, mana yang paling nyaman bagi mereka.”

2. Jelaskan apa yang ingin Anda pelajari dan mengapa mereka dapat mengajarkannya kepada Anda

“Anda dapat mengatakan sesuatu seperti, 'Saya sangat mengagumi bagaimana Anda memanfaatkan pengalaman firma hukum Anda ke dalam posisi manajemen nirlaba. Bisakah saya bertanya tentang itu sambil minum kopi?'”

3. Ajukan pertanyaan 'mengapa' kepada mereka, dan bagikan pertanyaan Anda sendiri 

“Pertanyaan 'Mengapa' membantu Anda mengetahui akar dari nilai-nilai orang lain. Mengapa Anda mengidentifikasi dengan karir mereka? Mengapa Anda ingin belajar dari mereka?”

4. Tutup dengan pertanyaan yang jelas

“Anda dapat meminta ulasan resume, atau dukungan dengan proyek bersama, perkenalan, rekomendasi, atau bantuan persiapan untuk meminta kenaikan gaji atau promosi.”

Nah berikut tadi adalah artikel mengenai cara meminta seseorang menjadi mentor Anda menurut ahli. Semoga bermanfaat!(*)

Editor: Redaksi
Tags MentorBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS