Freelancer Simak Nih! Coba 5 Cara Ini Agar Dapat Lebih Banyak Klien dan Job

Redaksi - Sabtu, 25 Februari 2023 10:41
Freelancer Simak Nih! Coba 5 Cara Ini Agar Dapat Lebih Banyak Klien dan JobSebagai freelancer atau pekerja lepas, Anda mungkin setuju bahwa menemukan klien baru setelah selesai dari project lama akan terasa sulit. (sumber: Pexels)

BANDAR LAMPUNG - Sebagai freelancer atau pekerja lepas, Anda mungkin setuju bahwa menemukan klien baru setelah selesai dari project lama akan terasa sulit. 

Tidak mengherankan karena bisnis model freelance sekarang sedang booming atau tren.

Oleh karena itu, coba simak cara agar bisa dapat lebih banyak klien dan job berikut ini.

Cara Mendapatkan Klien dan Job Baru untuk Freelancer:

1. Meminta referensi dari klien atau siapapun yang Anda kenal

Referensi dari klien yang sebelumnya biasanya bekerja lebih baik untuk mendatangkan klien baru. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk meminta klien yang sudah ada untuk merujuk Anda ke bisnis lain. Selain itu, Anda juga bisa bertanya kepada teman-teman atau orang di sekitar Anda apakah membutuhkan kerja sama dengan Anda.

2. Publikasikan konten blog

Mempertahankan situs blog untuk tujuan memasarkan keahlian Anda adalah cara yang paling hemat biaya untuk menyebarkan brand awareness kepada calon klien.

3. Buat portofolio yang diperbarui

Buatlah portofolio digital dalam berbagai format seperti situs web, video, dan PDF. Anda juga bisa menyertakan surat lamaran dan resume ringkas yang meyakinkan dalam portofolio Anda.

4. Fokus pada jaringan LinkedIn

Manajer dan perekrut dari bisnis menengah hingga besar lebih memilih LinkedIn untuk merekrut seseorang. Oleh karena itu, Anda bisa mengoptimasi profil LinkedIn Anda dengan meletakkan tautan ke situs web portofolio Anda, menambahkan foto profil profesional, ringkasan skill dan pencapaian, dan tambahkan proyek yang sudah selesai Anda kerjakan.

5. Manfaatkan media sosial

Selain membuat blog, Anda juga perlu berinteraksi secara aktif di berbagai platform media sosial untuk menarik perhatian calon klien. Media sosial seperti Instagram, TikTok, atau Twitter sangat cocok untuk memposting portofolio Anda dalam bentuk gambar dan video.(*)

Editor: Redaksi
Tags Tips FreelancerBagikan

RELATED NEWS