FDIK UIN RIL Jalin Kerja Sama dengan Kolej Dar Al-Hikmah Malaysia

Eva Pardiana - Jumat, 10 Maret 2023 15:45
FDIK UIN RIL Jalin Kerja Sama dengan Kolej Dar Al-Hikmah MalaysiaFakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menerima kunjungan profesor dan menjalin kesepakatan kerja sama dengan Kolej Dar Al-Hikmah Malaysia. Kegiatan dilaksanakan di ruang theater, Academic and Research Center setempat, Jumat, 10 Maret 2023. (sumber: Dok. FDIK UIN RIL)

BANDAR LAMPUNG – Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi (FDIK) UIN Raden Intan Lampung (RIL) menerima kunjungan profesor dan menjalin kesepakatan kerja sama dengan Kolej Dar Al-Hikmah Malaysia. Kegiatan dilaksanakan di ruang theater, Academic and Research Center setempat, Jumat, 10 Maret 2023.

Acara ini menghadirkan Prof. Dr. Ghazali Basri dan Prof. Dr. Noriah dari Kolej Dar Al-Hikmah Malaysia. Hadir pula Wakil Rektor I Prof. Dr. Alamsyah, Dekan FDIK Dr. Abdul Syukur, para guru besar FDIK, Wakil Dekan, Kaprodi dan Sekprodi dari 4 jurusan, KPI, BKI, PMI dan MD, juga para dosen dan mahasiswa di lingkungan FDIK.

Alamsyah dalam sambutannya memaparkan, UIN RIL memiliki 31 Prodi S-1, 8 Prodi S-2, dan 3 Prodi S-3. Prof. Ghazali Basri mengatakan, Islam tidak hanya sebatas ritual ibadah tapi ajaran hidup yang indah sesuai fitrah manusia.

Menurutnya, Malaysia yang mewakili masyarakat seluruh agama, Islam, Hindu, Budha, Sikh, Katolik dan lainnya. Selama 20 tahun, Angkatan Belia Islam Malaysia (ABIM) mendakwahkan Islam kepada non-muslim dengan mengadakan kemah dan mengundang saudara non-muslim untuk berdialog.

Mereka juga mendakwahkan Islam ke rumah sakit, penjara dan lainnya.  Mereka juga menginisiasi lahirnya MTG (Mosque Tour Guide) untuk mengenalkan masjid kepada sesama manusia.

Menurutnya, pemimpin muslim harus memberikan contoh atau tauladan yang baik kepada semua manusia. Khususnya dalam hal toleransi keagamaan, lingkungan hidup dan kenegaraan lainnya.

"Tugas kita adalah menyampaikan Islam kepada sesama manusia, apapun respon mereka, itu bukan tanggung jawab kita," ujarnya.

Sementara itu Prof. Dr. Noriah Mohamed mengungkapkan, perempuan adalah sosok yang selalu bertutur tentang kebaikan dan ramah. Perempatan itu fasih, ramah, malu, wangi.

Noriah dengan spesialisasi kajian teks kuno mengatakan, pengarang Melayu selalu merendahkan diri. Kajian filologi dan teks selalu menarik namun membutuhkan kerja keras dan ketelatenan.

Penandatanganan Kerja Sama

Usai kuliah umum, dilaksanakan penandatanganan kerja sama antara UKM dengan FDIK. Penandatanganan dilakukan antara Dekandengan FDIK Dr. Abdul Syukur dengan Pimpinan Kolej Dar Al-Hikmah Prof. Dr. Ghozali Basri.

Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan MoA antara Kolej Dar Al-Hikmah dengan Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI), Pengembangan Masyarakat Islam (PMI), Manajemen Dakwah (MD) dan Bimbingan dan Konseling Islam (BKI). Masing-masing program studi diwakili oleh Ketua Program Studi dan Sekretaris Program Studi. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS