Tips Cara Menukarkan Voucher Pelatihan Offline Kartu Prakerja

Redaksi - Jumat, 10 Maret 2023 12:49
Tips Cara Menukarkan Voucher Pelatihan Offline Kartu Prakerja Pemerintah telah resmi membuka Kartu Prakerja 2023 pada 17 Februari 2023 lalu dengan gelombang 48 dan hingga saat ini telah memasuki gelombang 49. (sumber: prakerja.go.id)

BANDAR LAMPUNG - Pemerintah telah resmi membuka Kartu Prakerja 2023 pada 17 Februari 2023 lalu dengan gelombang 48 dan hingga saat ini telah memasuki gelombang 49. Kartu Prakerja tahun ini menerapkan skema normal sehingga bukan termasuk dalam bantuan sosial (bansos).

Skema normal adalah di mana bantuan pelatihan Kartu Prakerja  akan fokus kepada pengembangan kompetensi angkatan kerja, peningkatan produktivitas, dan daya saing angkatan kerja, serta pengembangan kewirausahaan.

Pelaksanaan skema normal diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 113 Tahun 2022 yang aturan pelaksanaannya tertera pada Permenko Perekonomian Nomor 17 Tahun 2022.

Pengumuman kelulusan peserta Kartu Prakerja 2023 gelombang 48 telah diumumkan pada Sabtu, 25 Februari 2023. Peserta yang lulus tersebut dihimbau untuk segera membeli pelatihan. Dalam skema normal kali ini, pelatihan dibagi menjadi dua yakni pelatihan offline dan online.

Dalam program Kartu Prakerja tersedia voucher pelatihan. Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja menjelaskan, bagi peserta yang membeli pelatihan offline harus menukarkan voucher pelatihan. Penukaran tersebut sebagai bukti bahwa peserta yang bersangkutan akan menghadiri pelatihan secara langsung.

"Jangan sampai terlambat redeem voucher ya Sob saat pelatihan offline! Ini jadi salah satu bukti kamu menghadiri pelatihan secara langsung. Pahami proses ini!," tulis keterangan @prakerja.go.id pada Jumat, 10 Maret 2023. 

Berikut cara menukarkan voucher pelatihan Kartu Prakerja offline:

  • Setelah kamu membeli pelatihan offline, nanti akan muncul detail pelatihan di dashboard Pelatihan Kartu Prakerja kamu. Pada bagian bawah akan ada tulisan "Lihat QR"
  • Jika tulisan tersebut di klik maka akan muncul kode QR. Kode QR inilah nanti yang akan kamu berikan kepada admin lembaga pelatihan di tempat pelatihan offline.

Waktu untuk menukarkan voucher pelatihan paling lambat bisa dilakukan satu jam sebelum pelatihan dimulai, dan satu jam pelatihan dimulai. Misalnya, pelatihan offline di jam 09.00 pagi, artinya kamu bisa menukarkan voucher di antara jam 08.00 pagi hingga 10.00 pagi.

Penting untuk diingat, kode QR program Kartu Prakerja yang sudah terverifikasi tidak bisa di-scan kembali, dan maksimal scan dalam 1 hari hanya 2 kali.(*)

Editor: Redaksi
Tags Kartu PrakerjaBagikan

RELATED NEWS