Eva Dwiana: Kelenteng Tertua Senapati Sejarah Keberagaman Budaya di Bandar Lampung

Eva Pardiana - Senin, 04 Juli 2022 20:16
Eva Dwiana: Kelenteng Tertua Senapati Sejarah Keberagaman Budaya di Bandar LampungWali Kota Eva Dwiana saat menghadiri HUT ke-4.000 Dewa Zhi Gao Thay Pak di Kelenteng Senapati, Senin 4 Juli 2022. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana menghadiri acara HUT Dewa Zhi Gao Thay Pak di Kelenteng Senapati, Senin 4 Juli 2022. Kelenteng ini merupakan yang tertua di Bandar Lampung dan telah berdiri sejak 1898.

“Sebagai salah satu kelenteng tertua agar bisa menjaga kelestarian bangunan sejarahnya,” ucap Eva Dwiana saat mengunjungi kelenteng yang terletak di Kecamatan Panjang.

Sebelumnya, Pemkot Bandar Lampung sudah menetapkan Kelenteng Senapati atau Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Vihara Ciang Cin Miao sebagai obyek wisata religius umat Buddha dalam Perda tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Daerah Kota Bandar Lampung Tahun 2022–2025.

“Mudah-mudahan Kelenteng Senapati ini bisa menjadi sejarah keberagaman masyarakat Kota Bandar Lampung. Bisa menjaga persatuan dan semangat gotong royong,” ujar dia.

Eva Dwiana menyampaikan, selain di Kelenteng Senapati, dirinya juga akan menghadiri acara peringatan HUT Dewa Zhi Gao Thay Pak di sejumlah kelenteng.

Jonny Sartius selaku pewaris Kelenteng Senapati, generasi keempat dari keluarga besar Lie Se Sem, menjelaskan Dewa Zhi Gao Thay Pak tahun ini menginjak usia yang ke-4.000 tahun lebih.

“Melalui peringatan HUT Dewa Zhi Gao Thay Pak semua umat manusia diberkahi,” kata Jonny.

Pada kesempatan tersebut, dia juga berharap Pemkot Bandar Lampung mendukung keberlangsungan Kelenteng Senapati.

Romo Krisna menambahkan Zhi Gao Thay Pak merupakan dewa yang dipuja di kelenteng tersebut.

“Kelenteng Senapati tempat memohon keberkahan bagi masyarakat dan terbuka untuk masyarakat umum,” ujar dia.

Romo Krisna menjelaskan pada hari biasa, Kelenteng Senapati atau TITD Vihara Ciang Cin Miao dibuka setiap hari sejak pagi hingga pukul 19.00 WIB. “Khusus hari Jumat dibuka sampai pukul 22.00 WIB,” tutupnya. (IQB)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS