Sapi di Bandar Lampung Mulai Terima Vaksin PMK

Eva Pardiana - Selasa, 28 Juni 2022 14:27
Sapi di Bandar Lampung Mulai Terima Vaksin PMKPemeriksaan hewan ternak sapi oleh Dinas Pertanian Kota Bandar Lampung. (sumber: M. Iqbal Pratama/Kabar Siger)

BANDAR LAMPUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung mulai melakukan penyuntikan vaksin Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) ke hewan ternak, khususnya sapi.

Kepala Dinas Pertanian Bandar Lampung, Agustini mengatakan walaupun tidak ada kasus, namun vaksinasi PMK dilakukan sebagai upaya pencegahan penyakit yang disebabkan oleh virus RNA genus Apthovirus, keluarga Picornaviridae.

Menurutnya, sapi yang diperbolehkan menerima vaksin PMK harus dalam kondisi sehat, berumur lebih dari tiga bulan dan sedang tidak mengandung.

"Kita memvaksin sapi yang tidak dijual, karena setelah vaksin pertama akan dilakukan kembali vaksin kedua atau booster setelah enam bulan," kata Agustini, Selasa, 28 Juni 2022.

Agustini juga menuturkan, 300 dosis vaksin PMK akan selesai disuntikkan hingga besok. Sasaran kecamatan meliputi Rajabasa, Sukarame, Tanjung Senang, dan Kemiling.

"Saat ini vaksin masih diperuntukkan untuk sapi. Sementara kambing akan vaksin ketika target sapi telah terpenuhi," ujarnya.

Sementara itu, Kelompok Peternakan Harapan Kita, Udin Sentanu mengatakan tidak was-was lagi terhadap PMK usai 11 sapinya telah tervaksin.

Menurutnya, telah banyak upaya yang dilakukan untuk mencegah penularan PMK, seperti penyemprotan desinfektan di kandang.

"Dosen Unila (Universitas Lampung) juga memberikan penyuluhan eko enzim yang disemprotkan di kandang. Semoga semua ternak akan aman," harapnya. (IQB)

RELATED NEWS