Ekspor Pangan Segar Indonesia Kerap Ditolak Karena Tak Sesuai Standar

Yunike Purnama - Selasa, 20 September 2022 13:40
Ekspor Pangan Segar Indonesia Kerap Ditolak Karena Tak Sesuai Standarmasih ada produk pangan segar Indonesia yang ditolak negara tujuan ekspor. Alasannya tak lain akibat standar mutu pangan yang tak sesuai. (sumber: Ist)

JAKARTA - Kepala Badan Pangan Nasional atau National Food Agency (NFA) Arief Prasetyo Adi mengungkap masih ada produk pangan segar Indonesia yang ditolak negara tujuan ekspor. Alasannya tak lain akibat standar mutu pangan yang tak sesuai.

Menurutnya, masalah penolakan ekspor ini jadi tantangan selain adanya masalah penyakit bawaan pangan. Sehingga, diperlukan perhatian khusus mengenai keamanan dan mutu pangan.

"Sampai saat ini kita masih hadapi masalah pangan, penolakan ekspor dan masalah penyakit bawaan pangan, disebabkan tidak terpenuhinya standar kemanan dan mutu pangan," ungkapnya dalam Konsolidasi Nasional Penguatan Standar Keamanan dan Mutu Pangan pada Selasa, 20 September 2022.

"Sehingga kita perlu mengambil langkah antisipatif, adaptif, dan dinamis terhadap perubahan lingkungan strategis, baik di nasional maupun internasional," tambah dia.

Salah satu produk yang sempat mengalami penolakan ekspor adalah rempah pala. Ini menjadi salah satu tantangan bagi perdagangan pala secara internasional. Dengan penyamaan persepsi soal standar mutu pangan, ia berharap permaslaah serupa tak akan terjadi lagi.

"Kita juga ada beberapa produk yang kita mulai ekspor, sehingga jangan sampai seperti kemarin, pala, yang ke Eropa, sampai di sana enggak memenuhi standar di sana. Sehingga mesti done (selesai standarnya) dulu di Indoneisa, sehingga kita bisa ekspor produk kita," terang Arief.

Tak hanya menyoal ekspor, dia juga menekankan standar yang sama perlu berlaku untuk produk pangan segar impor. Lagi-lagi tujuannya menjamin keamanan untuk dikonsumsi masyarakat.

"Kebalikannya juga, apabila memang ada kebutuhan, ketersediaan dari luar, ini juga jadi corcern kita, sehingga barang yang keluar atau pangan yang masuk yang produk segar ini bisa kita jamin keamanan dan mutu pangannya," tuturnya. (*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS