DP Nol Persen Kredit Rumah dan Kendaraan Diperpanjang hingga 2023

Yunike Purnama - Jumat, 04 November 2022 08:30
DP Nol Persen Kredit Rumah dan Kendaraan Diperpanjang hingga 2023Ilustrasi perumahan. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia )

JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo memperpanjang insentif down payment (DP) atau uang muka kredit kendaraan bermotor menjadi paling sedikit 0% dan LTV properti hingga 2023 mendatang.

Perry Warjiyo mengatakan, awalnya insentif kredit tersebut akan berakhir pada 2022, namun BI memutuskan untuk memperpanjang hingga akhir 2023. Nantinya perpanjangan insentif ini berlaku mulai 1 Januari 2023 sampai 31 Desember 2023.

"DP 0% untuk semua jenis properti, rumah tapak, apartemen, ruko atau rukan," ujarnya dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) pada Kamis, 3 November 2022 dikutip dari TrenAsia.com jaringan KabarSiger.com

Untuk properti, BI memberikan pelonggaran rasio Loan atau Financing to Value (LTV/FTV) untuk pembiayaan properti menjadi paling tinggi 100%. Insentif tersebut dapat digunakan untuk semua jenis properti seperti rumah tapak, rumah susun, maupun ruko bagi bank yang memenuhi kriteria kredit atau pembiayaan bermasalah (NPL atau NPF) tertentu.

Tak hanya itu, kebijakan yang sama juga dilakukan di sektor otomotif. DP 0% juga diberlakukan untuk kredit mobil maupun motor dan berlaku untuk seluruh jenis kendaraan bermotor baru. Perry mengatakan adapun, arah kebijakan bank sentral ke depan tetap sama yakni menjaga stabilitas di tengah dinamika perekonomian global.

Maka Bank sentral akan tetap menggunakan instrumen kebijakan lainnya seperti digitalisasi, pendalaman pasar keuangan, hingga inklusi keuangan yang diarahkan untuk pemulihan perekonomian nasional. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS