Distribusi Minyak Goreng Curah Bersubsidi Capai 7.197 Ton per Hari

Chairil Anwar - Jumat, 22 April 2022 03:35
Distribusi Minyak Goreng Curah Bersubsidi Capai 7.197 Ton per HariDistribusi Minyak Goreng Curah Bersubsidi Capai 7.197 Ton per Harinya (sumber: 2020/01/WhatsApp-Image-2020-01-21-at-15.41.51.jpeg)

JAKARTA — Kementerian Perindustrian (Kemenperin) mengungkapkan distribusi program penyediaan minyak goreng curah bersubsidi mencapai 136.720 ton selama April 2022.

Berdasarkan data Sistem Informasi Minyak Goreng Curah (Simirah) per 19 April 2022, distribusi minyak goreng curah bersubsidi bulan ini rata-rata mencapai 7.197 ton per hari. 

“Kami menyampaikan apresiasi kepada para produsen minyak goreng sawit dalam program ini yang terus memacu distribusinya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” kata Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita dalam keterangan resmi, dikutip Kamis, 21 April 2022.

Agus menyatakan stok minyak goreng curah bersubsidi di pasar akan disesuaikan dengan ketentuan pemerintah yaitu seharga Rp14.000 per liter atau Rp15.500 per kilogram.

Selain itu, Agus menegaskan program penyediaan minyak goreng curah bersubsidi tidak berkaitan dengan kasus ekspor minyak goreng sawit yang tengah ditangani Kejaksaan Agung.

“Kami berharap kejadian ini tidak menyurutkan semangat positif yang sudah dibangun. Untuk itu, pemerintah akan semakin memperkuat pengawasan di semua lini distribusi,” terang Agus.

Dalam menjalankan program ini, Kemenperin menggandeng sejumlah perusahaan dalam distribusinya. Untuk itu, produsen yang telah memperoleh penugasan sesuai nomor registrasi diwajibkan untuk menyalurkan minyak goreng curah bersubsidi sesuai ketentuan.

“Bagi perusahaan yang belum merealisasikan penyaluran miinyak goreng curah bersubsidi atau realisasinya masih di bawah target yang ditetapkan, Kemenperin memberikan sanksi berupa teguran tertulis, denda, hingga pembekuan izin berusaha,” jelas Menperin. (CA) 

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Debrinata Rizky pada 21 Apr 2022 

Editor: Chairil Anwar
Chairil Anwar

Chairil Anwar

Lihat semua artikel

RELATED NEWS