Dinas Pertanian Bandar Lampung Sosialisasi Penyakit Cacar Hewan Ternak

Yunike Purnama - Jumat, 27 Januari 2023 15:04
Dinas Pertanian Bandar Lampung Sosialisasi Penyakit Cacar Hewan TernakDinas Pertanian Bandar Lampung menggelar sosialisasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit cacar pada hewan ternak sapi kepada para kelompok ternak Rajabasa Raya. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDAR LAMPUNG - Dinas Pertanian Bandar Lampung menggelar sosialisasi penyakit Lumpy Skin Disease (LSD) atau penyakit cacar pada hewan ternak sapi kepada para kelompok ternak Rajabasa Raya, Bandar Lampung pada Jumat, 27 Januari 2023.

Kepala Dinas Pertanian kota Bandar Lampung Agustini mengatakan, kegiatan ini adalah antisipasi untuk mencegah penyakit LSD masuk di Kota Bandar Lampung khususnya jelang Ramadan dan Idul Fitri 1444H/2023.

"Kota Bandar Lampung ini banyak lintasannya sengaja atau tidak orang membawa hewan sapi yang terjangkit LSD makanya kita harus waspada, untuk di pulau Jawa sudah ada LSD, makanya jangan sampai sapi yang terkena dari pulau Jawa masuk ke Bandar Lampung, maka perlu sosialisasi ini kepada para peternak untuk mencegah LSD, " kata Agustini pada Jumat, 27 Januari 2023.

Lanjutnya, untuk sekarang langkahnya baru sosialisasikan, selanjutnya nanti akan diberikan vaksin pencegahan LSD.

"Begitu sudah ada vaksin, masyarakat sudah paham membawa sapinya untuk disuntik, " Ujarnya

Untuk mengantisipasi caranya membersihkan kandang sapi dengan desinfektan dalam rangka pembersihan. Jika sapi terkena LSD, maka otomatis gejalanya demam, tidak nafsu makan, cacar dari segi fisik.

"Kalau sapi sudah terkena gejala tersebut kan kelihatan, jadi sapi itu tidak ada yang mau beli, dan otomatis nilai jualnya juga turun," ucapnya.

Dinas Pertanian Bandar Lampung juga akan mensosialisasikan ke seluruh kelurahan yang memiliki hewan ternak.

"Sosialisasi akan dilakukan disetiap kelurahan untuk para penyuluh," jelasnya.

Ia melanjutkan, sama dengan PMK pencegahan jalur darat pihaknya akan bekerjasama dengan Satpol PP dan dengan karantina agar sapi yang terjangkit LDS tidak lolos dari karantina.

"Antisipasi LSD ini juga dikarenakan menjelang idul fitri, jangan sampai LSD masuk ke sapi peternak, kasihan juga dan ekonomi di Bandar Lampung pasti turun,"paparnya. (IQB)

Editor: Redaksi
Tags hewan ternakLSDBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS