Dinas Ketahanan Pangan Bandarlampung Pastikan Stok Kebutuhan Lebaran Iduladha Cukup

M. Iqbal Pratama - Selasa, 27 Juni 2023 21:29
Dinas Ketahanan Pangan Bandarlampung Pastikan Stok Kebutuhan Lebaran Iduladha CukupKadisdag Bandar Lampung, Wilson F (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabarsiger)

BANDARLAMPUNG - Dua hari Menjelang Hari Raya Iduladha 1444H/2023 atau hari Raya Kurban, Dinas Ketahanan Pangan Kota Bandarlampung memastikan stok seluruh komoditi pangan mencukupi meskipun beberapa diantaranya mengalami kenaikan harga.

Kepala Dinas Pangan, Kota Bandarlampung sekaligus Ketua Satgas Pangan Kota Bandarlampung I Kadek Sumarta , menyampaikan Dinas Ketahanan Pangan kota Bandarlampung yang tergabung bersama satgas pangan telah melakukan pemantauan atau ketersedian pangan di Bandarlaampung.

Dari hasil pantauan satgas pangan, lanjut Kadek, satgas pangan mendapati harga komoditi seperti  telur ayam, masih mengalami kenaikan berkisar Rp3.000 sampai Rp4.000 perkilogram yang diakibatkan tingginya harga pakan dan biaya distribusi.

Meskipun ada Komiditi yang mengalami kenaikan harga, lanjut Kadek.Pihaknya, menjamin ketersediaan Komiditi pangan di Bandar Lampung mencukupi untuk menyambut idul Adha.

Selain telur ayam, Kadek mengatakan bahwa Dinas Pangan kota Bandar Lampung juga memperkirakan harga daging sapi akan mengalami kenaikan pada tiga hari menjelang perayaan Iduladha.

Selanjutnya Dinas Perdagangan (Disdag) Bandarlampung memastikan harga kebutuhan pokok pasar kota Bandar Lampung akan normal pada Iduladha 1444 H.

Dimana, harga kebutuhan pokok di Pasar Bandar Lampung melonjak naik menjelang hari raya idul Adha 1444H/2023.

"Dalam menghadapi hari raya idul adha yang mana hasil pantauan dan serta monitoring kami beberapa bahan pokok memang agak ada kenaikan terutama untuk daging ayam,"ucap Kadisdag Bandar Lampung Wilson F pada Selasa, 27 Juni 2023.

Lebih rinci, Wilson menyampaikan khusus kenaikan harga daging ayam wajar dikarenakan rata -rata masyarakat meminta daging ayam dipasaran menjelang Idul Adha

"Yang mana Idul Adha akan identik dengan hari raya kurban, kemungkinan ada konsumen yang butuh daging ayam. Sehingga daging ayam agak banyak peminatnya, itu menjadi sebab kenaikan harga daging ayam,"ujar Wilson.

Kendati demikian, Wilson menyampaikan kenaikan harga jelang lebaran itu situasi normal dan harga harga bahan pokok pasaran diprediksi kembali normal setelah usai Hari Raya Idul Adha 1444H/2023.

Tak hanya daging ayam, harga beberapa bahan pokok lainnya, seperti cabai, bawang,telur dan lainnya dipastikan akan kembali normal.

"Namun ini kan situasi karena memang kebutuhan dalam rangka hari raya idul adha, Insyallah beberapa setelah hari raya harga kembali normal,"jelas Wilson.

Wilson juga dapat memastikan adanya operasi pasar atau tidak diadakan. "Operasi pasar kita belum ada, tapi sedang kami persiapkan untuk menjaga stabilitas harga dan menekan inflasi. Kami juga akan rumuskan dengan tim anggaran,"pungkasnya. (IQB)

Editor: Redaksi
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS