Didukung AI, Inilah Fitur Terbaru Microsoft Setelah Update ke Windows 11

Yunike Purnama - Kamis, 28 September 2023 08:15
Didukung AI, Inilah Fitur Terbaru Microsoft Setelah Update ke Windows 11 (sumber: null)

BANDARLAMPUNG - Microsoft  merilis mejumlah update dirilis untuk pengguna PC  Windows 11 pada Selasa 27 September 2023. Adapun pada pembaruan, Windows 11 menghadirkan banyak fitur berbasis AI.

Salah satu apikasi yang mendapat pembaruan dari Windows 11 adalah Microsoft Paint. Raksasa teknologi yang berbasis di Redmond ini secara resmi meluncurkan Copilot , asisten AI yang cerdas, yang akhirnya keluar dari tahap pengujian untuk rilis publik yang lebih luas.

Adapun fitur berbasis AI tersebut diperuntukkan agar pengguna bisa lebih menyederhanakan alur kerja.

Mengutip laman resmi Windows, berikut 5 fitur baru dari Microsoft Paint.

1. Fitur Cat dengan Update AI di Microsoft Paint

Dalam siarannya, Microsoft sesumbar bahwa aplikasi Paint yang sangat populer kini semakin dilengkapi dengan kecerdasan AI Copilot.

Sebagai contoh fungsi, Anda bisa mengekstrak latar belakang karya kreatif Anda dengan lebih cepat.

Raksasa teknologi yang berbasis di Redmond ini juga memperkenalkan layer pada Paint seperti yang sebelumnya hanya ada di photoshop.  

Dalam beberapa minggu mendatang, pembaruan Windows 11 yang baru juga akan memperkenalkan pratinjau Paint Cocreator, yang memungkinkan Anda membuat mahakarya hanya dengan memasukkan perintah teks.

2. Fitur Breakdown Resep dari Gambar Lewat Snipping Tool

Microsoft memamerkan fitur AI menarik yang menggunakan Snipping Tool untuk memilih foto makanan di PC Anda. Fitur barunya adalah, Copilot akan memberi Anda resepnya jika Anda memintanya untuk melakukannya.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan Snipping Tool yang disempurnakan untuk menyunting informasi sensitif dalam dokumen.

3. Dukung Otentifikasi Biometrik

Pada pembaruan Windows 11 yang baru akan memungkinkan pengguna PC tidak memiliki kata sandi dengan kunci sandi.

Artinya, Anda dapat menggunakan autentikasi biometrik yang Anda gunakan untuk Windows Hello di laptop Anda.

Fitur ini dapat menggunakan pemindaian sidik jari atau membuka kunci wajah, untuk masuk ke aplikasi lain yang didukung di Edge, Chrome, Firefox, dan browser lainnya. Hal ini tentunya mempersulit peretas untuk membajak PC Anda.

4. Foto Mudah Ditemukan

Jangan khawatir jika Anda ingin mencari foto lama. Sebab, kni pembaruan Windows bisa mencarinya dengan mudah.

Pada pembaruan, aplikasi Foto yang baru disempurnakan. Dengan ini, Anda dapat mencari foto hanya dengan mengetikkan objek yang Anda ingat dari gambar Anda.

Sebagai contoh, Anda mengetikkan kata bola pantai. Microsoft kemudian akan mencari dsetiap foto yang memiliki bola pantai di dalamnya, termasuk kenangan spesifik yang Anda cari.

5. Pencadangan Baru

Beralih dari PC lama ke PC baru tidak akan terlalu membuat frustrasi dengan fitur Pencadangan Windows baru dari Microsoft.

Selama Anda masuk menggunakan akun Microsoft di kedua perangkat, Anda dapat dengan mudah mentransfer sebagian besar file, aplikasi, pengaturan, dan kredensial dengan mudah melalui cloud.

Tak sampai di situ, Microsoft menawarkan penyimpanan cloud gratis sebesar 5 GB. Namun, jika Anda membutuhkan lebih banyak, Anda dapat meningkatkan ke langganan Microsoft 365.

Lebih rinci, Anda dapat memperbarui ke versi baru Windows 11 dengan membuka Mulai > Pengaturan > Perbarui & Keamanan > Pembaruan Windows. Pastikan untuk memilih "Periksa Pembaruan".(*)

Editor: Redaksi
Tags AIMicrosoftBagikan
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS