Deklarasikan Janji Kinerja, Ini Sederet Prestasi Kemenkumham Lampung pada 2021

Eva Pardiana - Kamis, 13 Januari 2022 08:02
Deklarasikan Janji Kinerja, Ini Sederet Prestasi Kemenkumham Lampung pada 2021Deklarasi Janji Kinerja sekaligus Pencanangan Pembangunan Zona Integritas 2022 Kanwil Kemenkumham Lampung di aula kantor setempat, Rabu (12/1/2022). (sumber: Dok. Adpim Pemprov Lampung)

BANDARLAMPUNG – Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kanwil Kemenkumham) Lampung menggelar Deklarasi Janji Kinerja sekaligus Pencanangan Pembangunan Zona Integritas 2022. Deklarasi yang dihadiri seluruh Unit Pelaksana Teknis (UPT) tersebut digelar secara luring dan daring dari aula kantor setempat, Rabu (12/1/2022).

Plt Kakanwil Kemenkumham Lampung Iwan Santoso mengatakan perjanjian kinerja ini merupakan langkah awal untuk mengambil langkah strategis agar pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan dapat lebih terarah dan tepat sasaran, maka kita perlu mengawalnya dari segi integritas dan akuntabilitasnya.

Menurutnya, komitmen untuk membangun SDM unggul dan terpercaya yang menjadikan kata kunci keberhasilan dalam melaksanakan pelayanan publik. Oleh karena itu Pembangunan SDM menjadi prioritas strategis untuk segera dilaksanakan.

"Kanwil Kemenkumham Lampung sebagai bagian Corporate University telah menjadikan hal ini sebagai tantangan menarik untuk segera diwujudkan dengan langkah cepat mengembangkan pembangunan SDM mengikuti pergerakan ke Industri 5.0 lebih cepat selama masa pandemi melanda," ujar pria yang pernah menjabat sebagai Kakawanwil Kemenkumham Papua itu.

Pada acara yang dihadiri Wakil Gubernur Chusnunia Chalim tersebut, Iwan Santoso juga menyampaikan Kanwil Kemenkumham Lampung beserta jajaran telah berhasil menyelesaikan target capaian kinerja dengan baik pada 2021. Hal tersebut dibuktikan dengan prestasi tingkat nasional yang diraih.

Prestasi tersebut di antaranya penghargaan sebagai Satuan Kerja Pemasyarakatan dan Imigrasi Berbasis HAM. Kemudian, Terbaik Kedua Pengelolaan Barang Milik Negara Tahun 2021 kategori Peer Collaboration oleh DJKN Lampung-Bengkulu, Terbaik Ketiga IKPA dan SMART oleh Direktur Jenderal Kekayaan Intelektual Kemenkumham RI, serta Terbaik Pertama Konten Kreatif Video Pelayanan Publik oleh Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI.

Sementara itu, Pencanangan Zona Integritas merupakan salah satu upaya untuk menjaga seluruh lini Kemenkumham dari segala bentuk penyimpangan dan korupsi yang mungkin saja terjadi di lingkungan kerja masing-masing.

"Momentum kali ini adalah monument awal yang ingin kami bangun sebagai peneguhan janji kinerja, dan juga merupakan bentuk komitmen jajaran Kementerian Hukum dan HAM Lampung dalam memberikan pengabdian dan loyalitas tanpa batas," ujarnya.

Iwan juga menegaskan untuk memastikan terwujudnya Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) di lingkungan kerja Kanwil Kemenkumham Lampung, pihaknya memiliki mekanisme pengawasan internal. "Pengawasan internal itu pasti ada, agar ini benar-benar terlaksana," tandas Iwan kepada awak media. (*)

Editor: Eva Pardiana

RELATED NEWS