Cuan di Masa Muda, Intip 9 Peluang Bisnis untuk Kaum Milenial Dan Gen Z

Yunike Purnama - Kamis, 07 April 2022 14:29
Cuan di Masa Muda, Intip 9 Peluang Bisnis untuk Kaum Milenial Dan Gen ZIlustrasi (sumber: accurate.id)

BANDARLAMPUNG - Peluang bisnis untuk kaum milenial dan Gen Z sangat banyak, terlebih bisnis online yang memang strateginya menggunakan media sosial. Milenial dan Generasi Z memiliki banyak peluang untuk mendapatkan uang dengan menjalankan bisnis.

Generasi millennial dan Generasi Z ini selalu penuh dengan ide-ide inovatif dan kreatif yang bisa disalurkan ke bisnis, sehingga Anda bisa memulai bisnis sejak dini tanpa harus mengeluarkan modal yang banyak. Terlebih di era sekarang yang sudah dipenuhi dengan hal berbau digital. Kaum milenial tentu tidak asing lagi dengan yang namanya dunia digital serta beragam usaha online yang ada saat ini.

Di era globalisasi ini dimana teknologi sudah semakin canggih, segala sesuatu yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan menjadi mudah, dengan kemajuan tersebut semakin banyak peluang bagi Anda yang ingin memulai usaha kecil-kecilan tanpa mengeluarkan modal yang besar. Apalagi bagi kaum milenial yang sudah terbiasa dengan teknologi handal sejak kecil.

Untuk itu, dikutip berbagai sumber, berikut peluang bisnis untuk kaum milenial dan Gen Z:

1. Bisnis Fashion

Produk fashion sangat beragam dan beragam mulai dari gaun, celana, tas, sepatu, topi dan aksesoris lainnya. Selain banyak pilihannya, produk fashion juga menjadi salah satu yang paling banyak dijual dengan sistem reseller atau dropshipper sehingga bisa juga diraih dengan modal minim.

Mulailah bisnis dari kategori terlebih dahulu agar lebih mudah. Misalnya kategori pakaian wanita, pakaian anak, aksesoris wanita, pakaian kasual, pakaian formal, sepatu wanita dan masih banyak lagi pilihan lainnya.

2. Katering

Ide bisnis milenial kedua adalah di bidang kuliner yaitu katering. Anda juga bisa memulai bisnis ini dengan modal yang minim karena bahan makanan bisa dibelanjakan dari uang muka yang biasanya dibayarkan oleh pelanggan. Juga makanan sehat dan makanan diet populer. Jenis restorasi ini juga bisa dijual dengan harga lebih tinggi.

3. Jasa Foto Produk

Karena semakin banyak pebisnis online, pemotretan produk semakin diperlukan. Memang banyak bisnis online yang tidak memiliki sumber daya untuk mengambil foto katalog. Memang, ini adalah salah satu hal penting dalam bisnis online. Oleh karena itu, foto produk perusahaan jasa bisa menjadi pilihan yang potensial. Perusahaan ini cocok bagi mereka yang memiliki hobi di bidang fotografi.

4. Pembuatan Konten

Layanan lain yang dapat Anda tawarkan adalah layanan pembuatan konten. Jika Anda memiliki keterampilan menulis, Anda bisa mendapatkan layanan penulisan konten atau copywriting. Jika Anda memiliki keterampilan membuat video, Anda dapat menawarkan layanan pembuatan atau pengeditan video.

5. Thrift Shop Online

Thrift shop atau barang second hand juga semakin sering bermunculan, acara tersebut bisa menjadi kegiatan yang melelahkan, karena harus mencari wearables di antara sekian banyak pakaian yang tidak semuanya dalam kondisi bagus, hal inilah yang membuat banyak orang lebih memilih untuk membeli secara antre. Cobalah untuk menemukan pakaian bekas yang cocok untuk digunakan di pasar barang bekas, lalu cuci dan setrika pakaian tersebut agar dapat difoto dengan baik dan ditawarkan secara online.

6. Party Planner

Milenial dan Generasi Z yang sangat kreatif sangat cocok untuk bisnis ini. Bisnis yang merupakan event organizer skala kecil ini tidak membutuhkan modal yang besar untuk memulainya. Biasanya, perencana pesta mengatur acara pribadi dengan beberapa tamu, seperti pesta bridal shower, baby shower, dan lainnya.

7. Buket Bunga, Uang, Atau Hiasan Mahar

Selain parcel balon, buket juga tentunya masih menjadi pilihan hadiah untuk berbagai kesempatan hingga saat ini. Bukan hanya buket bunga yang populer, tapi ada juga buket lainnya seperti buket uang dan makanan. Ini bisa jadi salah satu ide bisnis milenial yang potensial dan tentu tidak perlu modal yang terlalu besar.

Modal awal dibutuhkan untuk membuat beberapa sampel buket. Selanjutnya modal didapatkan dari pembayaran pelanggan karena buket ini dibuat dengan sistem pre-order.

8. Jasa Titip

Selain personal shopper, ada juga bisnis jastip atau jasa titip yang sebenarnya memiliki prinsip sama, yaitu kamu membelanjakan produk yang dibutuhkan oleh pelanggan.

Bedanya adalah biasanya personal shopper berbelanja sesuai dengan daftar yang diberikan pelanggan, sedangkan jastip biasanya hanya perlu belanja barang yang sudah ditawarkan oleh jastip tersebut, tapi ada juga jastip yang mungkin bersedia membelanjakan barang sesuai permintaan pelanggan.

9. Make Up Artist

Make up artist atau MUA adalah bisnis jasa yang cocok bagi kamu yang memiliki hobi dalam bidang make up. Modal yang dibutuhkan yang tidak terlalu besar, yaitu cukup dengan peralatan make up dan kemampuan merias.

Harga peralatan make up memang beragam, mulailah dengan dengan yang harganya terjankau. Seiring waktu kamu bisa menambahkan peralatan lain dengan harga yang lebih tinggi agar hasil make up juga semakin bagus.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS