Cegah Polio, Dinkes Bandar Lampung Sweeping Imunisasi Lengkap Balita

Yunike Purnama - Selasa, 22 November 2022 14:49
Cegah Polio, Dinkes Bandar Lampung Sweeping Imunisasi Lengkap BalitaPlt Kepala Diskes Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri. (sumber: M.Iqbal Pratama/Kabar Siger )

BANDAR LAMPUNG - Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Bandar Lampung melakukan sweeping imunisasi lengkap kepada balita. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah polio yang berakibat anak lumpuh seumur hidup. 

Plt Kepala Diskes Kota Bandar Lampung, Desti Mega Putri mengatakan belum ada kasus polio di Kota Tapis Berseri. Terbukti sampel lumpuh layu yang dikirimkan ke Diskes Provinsi Lampung hasilnya negatif.

"Di Kota Bandar Lampung alhamdulillah tidak ada. Lumpuh layu yang ditemukan bukan polio," kata Desti pada Selasa, 22 November 2022.

Menurutnya, cakupan imunisasi dasar dan rutin lengkap sudah baik. Bahkan saat sudah dilakukan vaksin polio tetes dan polio suntik untuk balita.

"Selain memasifkan vaksin, kita juga melakukan surveilans aktif penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (campak, difteri, polio) dan mengirimkan sampel ke Diskes Provinsi Lampung," ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Bandar Lampung Eva Dwiana mengaku sudah mengumumkan kepada puskesmas untuk mengimbangi para ibu menjaga balitanya mulai dari rahim.

"Kebutuhan asupan gizi anak harus terpenuhi, dan vaksinasi polio juga harus dilakukan. Nantinya tahun 2023 akan dianggarkan Rp2,5 miliar untuk pemenuhan gizi anak," jelasnya. (IQB)

Editor: M. Iqbal Pratama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS