Cegah Kerusakan, Tips Cara Bersihkan Keyboard Laptop

Yunike Purnama - Minggu, 12 Februari 2023 18:20
Cegah Kerusakan, Tips Cara Bersihkan Keyboard Laptop (sumber: null)

BANDAR LAMPUNG - Tidak hanya ponsel, perangkat elektronik seperti laptop juga perlu dirawat. Salah satu caranya adalah dengan membersihkan keyboard dan layarnya secara rutin agar laptop tidak cepat rusak.

Bagi Anda menggunakan laptop untuk bekerja, bermain game, atau melihat media sosial, mungkin pernah menyadari bahwa keyboard merupakan salah satu permukaan yang sering disentuh tangan. 

Tidak hanya itu, jika tidak dibersihkan secara rutin maka keyboard akan terkena berbagai kotoran baik debu, partikel kulit, hingga potongan rambut.

Sama seperti saat Anda membersihkan layar komputer atau ponsel, membersihkan keyboard akan memastikan Anda tidak memiliki tombol yang lengket atau tidak higienis. Cairan lengket dan partikel remah-remah di antara atau di bawah tombol mungkin juga akan menghambat fungsi tombol pada keyboard. Jika Anda menggunakan keyboard mekanis, bisa jadi kotoran tersebut dapat merusak saklar yang ada di bawah tombol.

Cara Membersihkan Keyboard

Pertama putuskan sambungan sumber daya apapun yang sebelumnya tersambung pada komputer atau laptop. Matikan laptop dan cabut kabel listrik yang tersambung. Jika Anda menggunakan keyboard eksternal, cabut dari sumber dayanya. Jika menggunakan keyboard nirkabel, lepaskan baterainya.

  1. Pegang laptop atau keyboard secara terbalik di atas tempat sampah dan goyangkan atau ketuk dengan lembut untuk mengeluarkan partikel berukuran besar.
  2. Gunakan sikat pembersih laptop berbulu halus untuk menyapu kotoan lain yang masih terdapat pada sela-sela tombol.
  3. Tiupkan beberapa semburan udara yang terkompresi di antara dan di bawah tombol untuk mendorong kotoran yang masih tersisa.
  4. Jika masih kurang bersih Anda bisa menggunakan penyedot debu meja mini atau slime pembersih.
  5. Untuk menghapus kuman yang ada di keyboard, gunakan kain mikrofiber yang sedikit dibasahi dengan alkohol isopropil. Gesek secara perlahan lalu keringkan dengan kain mikrofiber bersih.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membersihkan keyboard agar laptop bisa tetap awet tahan lama.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS