Mau Pensiun di Usia 50 Tahun? Lakukan 5 Langkah Ini

Yunike Purnama - Minggu, 12 Februari 2023 17:50
Mau Pensiun di Usia 50 Tahun? Lakukan 5 Langkah IniBerikut adalah 5 langkah mudah agar bisa pensiun di usia 50 tahun (sumber: Freepik)

BANDAR LAMPUNG - Pensiun dini telah menjadi tujuan keuangan yang paling umum. Katakanlah Anda tidak ingin pensiun di usia 50 tahun, namun memiliki cukup uang untuk pensiun ketika usia menginjak 50 tahun tentu memberikan kepuasan tersendiri.

Meski Anda memiliki cukup banyak waktu untuk menyiapkan masa pensiun Anda, tetap saja Anda harus merencanakan dengan cermat dan disiplin dengan tujuan Anda.

Berikut adalah 5 langkah mudah agar bisa pensiun di usia 50 tahun

1. Mulai menabung dan investasi lebih awal

Jika Anda berusia 25 tahun sekarang, maka Anda harus mulai menabung untuk pensiun di usia 50 tahun. Karena investasi selalu lebih baik jika dilakukan lebih awal.

2. Lebih berhematlah

Sudah umum diketahui jika Anda bisa pensiun dengan menyisihkan 10% atau 15% dari pendapatan tahunan Anda. Itu mungkin benar, namun jika ingin rencana pensiun Anda berjalan seperti seharusnya, Anda harus lebih serius dengan mulai menyisihkan 20%, 25% hingga 30% dari penghasilan Anda. Bahkan jika Anda sudah berusia lebih dari 25 atau 30 tahun bersiap-siaplah untuk menabung antara 40% hingga 50% dari penghasilan Anda.

3. Berinvestasi secara agresif

Anda mungkin sudah tahu bahwa Anda tidak akan bisa pensiun pada usia 50 tahun jika berinvestasi pada aset berbunga seperti sertifikat deposito. Suku bunga yang hanya 1% setahun tidak cukup membantu Anda untuk mendekatkan dengan tujuan Anda.

Anda harus berinvestasi di saham. Pasar saham telah mengembalikan rata-rata antara 9% dan 11% selama 90 tahun terakhir. Dan Anda harus memanfaatkan ini sebaik-baiknya.

4. Hiduplah di bawah kemampuan Anda

Satu kebiasaan finansial yang harus Anda lakukan adalah hidup di bawah kemampuan Anda. Ini bukan pola yang mudah untuk dilakukan, namun sangat diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Beberapa strategi ini dapat Anda lakukan untuk hidup di bawah kemampuan Anda yakni mempertahankan biaya hidup Anda agar tetap rendah, terutama biaya rumah tangga Anda.

Kemudian mengendarai mobil tua, yang tidak mahal dan tidak mengharuskan Anda berutang. Lalu proaktif dalam menemukan penawaran untuk apa pun yang Anda beli baik itu makanan, pakaian, perbaikan, asuransi dan sebagainya. Terakhir bersikaplah konservatif dengan hiburan dan liburan serta hindari makan di luar setiap hari.

5. Jauhi hutang

Hutang dapat membatalkan rencana Anda untuk pensiun di usia 50 tahun. Hutang hanya akan mengurangi pendapatan Anda yang seharusnya ditabung.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS