Perkembangan ChatGPT Diprediksi Sama Pentingnya dengan Penemuan Internet

Yunike Purnama - Minggu, 12 Februari 2023 18:12
Perkembangan ChatGPT Diprediksi Sama Pentingnya dengan Penemuan InternetIlustrasi ChatGPT (sumber: IDCloudHost)

JERMAN - Salah satu pendiri Microsoft, Bill Gates menggambarkan ChatGPT sebagai chatbot yang dapat menanggapi berbagai pertanyaan pengguna.

Dia mengatakan hal tersebut dalam sebuah wawancara yang diterbitkan belum lama ini di surat kabar bisnis Jerman, Handelsblatt.

Bill Gates lebih jauh menilai jawaban yang diberikan ChatGPT atas sebuah pertanyaan, seperti berasal dari manusia. Ia bahkan mengibaratkan perkembangan kecerdasan buatan (artificial intellegence/AI) sama pentingnya dengan penemuan internet.

“Selama ini AI bisa membaca dan menulis, tapi tidak bisa memahami isinya. Program baru seperti ChatGPT meningkatkan efisiensi banyak tugas kantor dengan membantu menulis faktur atau email. Ini akan mengubah dunia kita,” katanya dalam sebuah komentar, dikutip dari Gizchina, Minggu, 12 Februari 2023.

Perusahaan AI asal AS, OpenAI, yang mengembangkan ChatGPT, dinobatkan sebagai aplikasi konsumen dengan pertumbuhan tercepat dalam sejarah. Microsoft juga banyak berinvestasi dalam proyek ini.

Baru-baru ini, ChatGPT telah menimbulkan banyak perdebatan, berkat kapasitasnya yang sangat besar. Model pra-pelatihan GPT meningkatkan pemrosesan bahasa alami dari sudut pandang teknologi serta menetapkan paradigma baru dan mutakhir di bidang percakapan cerdas.

ChatGPT melalui inovasi algoritme, terutama pengenalan inovatif 'pembelajaran penguatan umpan balik manusia' membuatnya memiliki kefasihan super tinggi.

Hal itu yang menjadikan chatbot atau AI dengan cepat dan mudah menangani serangkaian tugas umum seperti pembuatan kode, terjemahan dokumen, dan copywriting.

Microsoft merilis versi baru dari mesin pencari Bing dan browser Edge yang menyertakan teknologi ChatGPT dari OpenAI. Perusahaan menggambarkan teknologi ini seperti memiliki asisten peneliti, perencana pribadi, dan teman kreatif saat pengguna melakukan pencarian di Web.(*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS