Brand Finance: BRI Dinobatkan Bank Paling Bernilai di Indonesia

Yunike Purnama - Jumat, 11 Februari 2022 13:53
Brand Finance: BRI Dinobatkan Bank Paling Bernilai di IndonesiaPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) kembali dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia. (sumber: trenasia.com)

JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) kembali dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands.

BRI menjadi salah satu perusahaan unggul dengan rating Triple A (AAA). Setidaknya terdapat delapan perusahaan dari seluruh industri yang memiliki nilai merek di atas US$ 1 miliar.

BRI menempati peringkat 2 dengan valuasi merek mencapai US$ 3,09 miliar atau setara Rp 44,8 triliun (kurs Rp 14.500). Khusus di Industri perbankan nasional, BRI memimpin dengan nilai tertinggi.

Brand Finance menetapkan peringkat suatu perusahaan melalui tinjauan transaksi riil yang digunakan oleh pengguna merek di seluruh dunia. Untuk menentukan brand valuation, sebuah perusahaan akan diukur brand impact, brand earnings (forecast revenues), dan brand valuenya.

Aspek ini juga dihubungkan dengan reputasi merek yang diperoleh perusahaan. Perusahaan yang mendapat predikat most valuable dan strongest brand dapat dilihat dari ukuran persepsi publik dan pengaruhnya terhadap permintaan pasar. 

Dalam kesempatan terpisah, Direktur Utama BRI Sunarso mengungkapkan, penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan BRI dalam membangun transformasi bisnis. 

“BRI berhasil menjadi merek utama di industri perbankan yang melekat di masyarakat. Ini bukti dari keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat luas,” ungkap Sunarso, dalam keterangan resmi, Jumat (11/2/2022).

BRI akan terus menyiapkan strategi untuk terus tumbuh berkelanjutan. Pada tahun ini, BRI terus melanjutkan journey transformasi BRIvolution 2.0 untuk menuju visi sebagai The Most Valuable Banking Group in South East Asia dan Champion of Financial Inclusion pada tahun 2025.

BRI terus memperkuat aspek digitalisasi untuk menghasilkan berbagai produk inovatif digital dan membangun model bisnis baru.

Strategi yang dijalankan meliputi digitalisasi proses bisnis untuk mendongkrak produktivitas serta efisiensi, digitalisasi ekosistem bisnis serta layanan secara digital. 

"Hal ini untuk memperkuat layanan yang lebih customer centric. Transformasi digital juga diterapkan di seluruh anak perusahaan BRI untuk pertumbuhan yang berkelanjutan BRI Group," terang Sunarso.(*)

Editor: Yunike Purnama
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS