BI Prediksi Pertahankan Tingkat Suku Bunga 6 Persen hingga Pertengahan 2024

Yunike Purnama - Selasa, 21 November 2023 16:00
BI Prediksi Pertahankan Tingkat Suku Bunga 6 Persen hingga Pertengahan 2024Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga kebijakan utamanya tetap pada 6,00% dan kemungkinan akan mempertahankannya pada tingkat tersebut setidaknya hingga pertengahan 2024. (sumber: Ist)

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) diperkirakan akan mempertahankan tingkat suku bunga kebijakan utamanya tetap pada 6,00% dan kemungkinan akan mempertahankannya pada tingkat tersebut setidaknya hingga pertengahan 2024. Hal itu menurut jajak pendapat ekonom yang  digelar Reuters di mana beberapa responden masih mengharapkan kenaikan suku bunga lain.

Meskipun inflasi naik tipis menjadi 2,56% pada bulan Oktober dari 2,28% pada bulan September, angka tersebut masih berada dalam kisaran target 2%-4% bank sentral untuk tahun ini. Hal itu menunjukkan bahwa tekanan harga kurang menjadi kekhawatiran dalam ekonomi terbesar di Asia Tenggara.

Memang, kenaikan suku bunga sebesar 25 basis poin yang dilakukan oleh Bank Indonesia pada 19 Oktober bertujuan untuk menopang nilai tukar rupiah, yang sejak Mei mengalami penurunan sekitar 8% terhadap dolar.

Sejak saat itu, nilai tukar rupiah telah menguat hampir 2% terhadap dolar dan diperdagangkan sekitar Rp15.540/ dolar pada hari Senin. Ekspektasi Federal Reserve AS selesai dengan kenaikan suku bunga juga mendongkrak rupiah dan mata uang Asia lainnya.

“Bank Indonesia kemungkinan akan mempertahankan suku bunga pada bulan ini. Stabilitas Rupiah menjadi faktor pendorong di balik pergerakan tak terduga bulan lalu. Sejak saat itu tekanan pasar mereda dengan dolar AS dan imbal hasil mundur pasca jeda Fed AS,” kata Radhika Rao, ekonom senior di DBS bank, dikutip dari Reuters, Selasa, 21 November 2023.

Dalam jajak pendapat Reuters pada 14-20 November, mayoritas kuat ekonom, 27 dari 31, memperkirakan Bank Indonesia akan mempertahankan suku bunga acuan utamanya (IDCBRR=ECI) tetap pada 6,00% pada hari Kamis. Keempat ekonom lainnya memprediksi kenaikan seperempat poin persentase menjadi 6,25%.

Meskipun perkiraan median menunjukkan tidak adanya perubahan suku bunga setidaknya hingga akhir kuartal kedua 2024, terdapat beragam pandangan di kalangan ekonom mengenai suku bunga acuan.

Sementara 12 dari 28 meramalkan suku bunga utama 6,00% pada akhir Juni, lima memiliki perkiraan 6,25%, dan tiga memiliki perkiraan 6,50%. Delapan sisanya memprediksi setidaknya penurunan seperempat persen pada saat itu.

“Skenario dasar kami adalah pemotongan suku bunga BI pertama kali pada kuartal ketiga 2024. Namun, waktu dan durasinya akan tergantung pada data; BI kemungkinan mengamati data yang masuk dan kebijakan Federal Reserve secara cermat untuk memutuskan langkah selanjutnya,” kata Brian Lee Shun Rong, ekonom di Maybank. (*) 

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS