BI Lampung Siapkan Uang Tunai Rp1,2 Triliun untuk Kebutuhan Nataru 2023

Yunike Purnama - Jumat, 23 Desember 2022 18:11
BI Lampung Siapkan Uang Tunai Rp1,2 Triliun untuk Kebutuhan Nataru 2023Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada libur nataru 2023. (sumber: Ismail Pohan/TrenAsia.com)

BANDAR LAMPUNG - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung menyiapkan uang tunai sebesar Rp1,2 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada libur natal dan tahun baru 2023 (Nataru). Nilai tersebut relatif tidak jauh berbeda dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.

"Kebutuhan uang tunai selama periode Nataru di Provinsi Lampung tercermin dari pemenuhan kebutuhan perbankan selama periode Desember 2022 diproyeksikan sebesar Rp1,2 triliun yang dapat dipenuhi oleh Bank Indonesia Provinsi Lampung," ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Lampung Tony Noor Tjahjono pada Jumat, 23 Desember 2022.

Tony melanjutkan, kegiatan penarikan uang tunai oleh perbankan ke Bank Indonesia dilakukan sampai dengan tanggal 26 Desember 2022 untuk pemenuhan kebutuhan perbankan sampai dengan Nataru 2023.

Bank Indonesia kembali membuka layanan penarikan dan setoran uang tunai perbankan mulai tanggal 2 Januari 2023 mendatang. 

Dari sisi perbankan, selama periode Nataru tentunya akan menyiapkan kebutuhan uang masyarakat melalui layanan kantor cabang dan ATM (Anjungan Tunai Mandiri) dari masing-masing perbankan.

“BI bersama perbankan siap untuk mensukseskan dan menjaga kelancaran sistem pembayaran untuk perayaan natal dan tahun baru 2023,” jelasnya. 

Proyeksi Penggunaan QRIS Meningkat

Sejalan dengan meningkatnya aktivitas masyarakat dan perilaku belanja masyarakat yang meningkat selama Nataru, diperkirakan penggunaan QRIS sebagai metode pembayaran nontunai secara digital akan semakin meningkat di Provinsi Lampung.

"Hal ini juga didukung oleh naiknya akseptasi dan preferensi masyarakat dalam berbelanja daring,  kemudian semakin mudahnya sistem pembayaran digital, serta akses cepat dari layanan digital banking," papar Tony.

Persiapan BI Hadapi Nataru

Sebelumnya dalam konferensi pers virtual hasil Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia, Bank Indonesia secara nasional menyiapkan uang tunai sebesar Rp117,7 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada libur natal dan tahun baru 2023 (Nataru). Nilai itu meningkat 5,8 persen jika dibandingkan dengan realisasi tahun lalu.

Deputi Gubernur BI Aida S. Budiman mengatakan, jumlah tersebut dengan mempertimbangkan mobilitas masyarakat yang semakin meningkat, perkiraan belanja pemerintah dan bantuan sosial tunai, dan rata-rata kenaikan outflow dalam beberapa tahun terakhir yang mencapai 4,8%.

Adapun kesiapan BI untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pada uang rupiah periode nataru kali ini, dengan memperhatikan tiga hal. 

Pertama, kesiapan jumlah pecahan uang yang diperlukan. Kedua, kesiapan akses bagi masyarakat. Ketiga, kesiapan dari perbankan dan penyelenggara jasa pengolahan uang rupiah. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS