BMKG: Status Siaga Bencana Banjir di Pesisir Bandar Lampung

M. Iqbal Pratama - Jumat, 23 Desember 2022 14:52
BMKG: Status Siaga Bencana Banjir di Pesisir Bandar LampungBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung mengeluarkan himbauan mengenai peringatan dini banjir di wilayah pesisir Bandar Lampung berstatus siaga. (sumber: BMKG Lampung )

BANDAR LAMPUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Provinsi Lampung mengeluarkan himbauan mengenai peringatan dini banjir di wilayah pesisir Bandar Lampung berstatus siaga. Dengan peringatan ini masyarakat diminta tetap waspada selama 5 hari kedepan.

Hal itu disampaikan oleh Achmad Raflie Pahlevi selaku Prakirawan BMKG Provinsi Lampung saat dimintai keterangan pada Jumat, 23 Desember 2022

"Informasi yang kita keluarkan adalah peringatan dini banjir rob. Banjir rob itu bukan disebabkan oleh hujan tetapi oleh pasang surut air laut," ujarnya.

Rafli mengatakan, pada tanggal 22 hingga 27 Desember 2022 ini diperkirakan akan terjadi padang maksimum ditambah dengan adanya siklon tropis darian yang berpotensi menyebabkan banjir rob.

"Itu merupakan angin yang berputar kencang yang menyebabkan kecepatan angin yang tinggi serta gelombang tinggi di barat daya Lampung," jelasnya.

"Karena pasang surut air laut ditambah siklon tropis sehingga menyebabkan tinggi dan terjadi banjir rob," tambahnya.

Oleh sebab itu, pihaknya menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di daerah pesisir Bandar Lampung untuk tetap waspada di 5 hari kedepan.

"Yang akan terdampak banjir itu adalah daerah pesisir, masyarakat dihimbau untuk waspada selama 5 hari kedepan," tutupnya. (IQB)

Editor: Yunike Purnama
M. Iqbal Pratama

M. Iqbal Pratama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS