Berikut Plus Minus Investasi Perhiasan Emas

Yunike Purnama - Senin, 17 Juli 2023 19:01
Berikut Plus Minus Investasi Perhiasan Emasinvestasi juga merupakan cara yang efektif bagi kita untuk membangun potensi pendapatan. (sumber: Freepik)

BANDARLAMPUNG - Investasi menjadi cara seseorang untuk mempertahankan kekayaan. Selain itu, investasi juga merupakan cara yang efektif bagi kita untuk membangun potensi pendapatan. 

Ada banyak cara untuk berinvestasi baik melalui saham, obligasi, komoditas, reksa dana, hingga kripto. Namun bagaimana dengan emas. Apakah emas adalah investasi yang menguntungkan?

Emas Batangan vs Emas Perhiasan 

Sebelum Anda membeli produk emas pertama Anda untuk berinvestasi, penting untuk diperhatikan bahwa Anda harus tahu bagaimana Anda akan berinvestasi. 

Banyak investor baru yang kerap kali investasi dengan sembarangan dan tidak begitu mempelajari instrumen investasi mereka. 

Terdapat dua jenis produk emas yang umumnya ada di pasaran yaitu emas batangan dan emas perhiasan. Anda tentu sudah tahu secara kasat mata apa perbedaan keduanya. 

Menelisik lebih dalam lagi, emas batangan dan emas perhiasan memiliki perbedaan yang sangat signifikan ketika kita membicarakan tentang hasil dan tujuan investasi. 

Singkatnya, Anda akan mendapatkan jenis hasil investasi yang berbeda saat membeli emas batangan dibandingkan emas perhiasan. Begitupun sebaliknya.

Investasi Emas Itu Menguntungkan 

Emas adalah jenis investasi yang patut Anda pertimbangkan. Saat Anda membeli emas, Anda membayar dengan harga emas yang berlaku pada saat transaksi jual beli. Artinya, ketika nilai emas nantinya naik, nilai instrumen investasi Anda juga akan mengikuti. 

Perlu diingat nilai emas konsisten tampil sebagai aset yang terapresiasi. 

Menurut World Gold Council yang menggunakan data sejak tahun 1971, harga emas naik rata-rata sekitar 15% per tahun ketika inflasi melebihi 3%. Namun, ketika inflasi berada di bawah 3%, emas naik secara rata-rata sekitar lebih dari 6% per tahun. 

Investasi di Emas Perhiasan 

Dalam masyarakat kuno, perhiasan emas telah digunakan sebagai bentuk perhiasan yang populer terutama untuk tokoh ternama tokoh masyarakat, orang-orang yang kaya dan memiliki kekuasaan. Nilai emas begitu dijunjung tinggi karena keindahaan, kelangkaan dan daya tahannya. 

Saat ini, perhiasan emas lebih sering dikaitkan dengan daya tarik dan desain estetika. Namun tak jarang pula yang menjadikan perhiasan emas sebagai instrumen investasi mereka. 

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perhiasan Emas 

Mengutip berbagai sumber, berikut kelebihan investasi perhiasan emas

Kelebihan 

1. Aset Likuid 

Perhiasan emas termasuk aset likuid. Maka sangat mudah bagi Anda untuk menguangkan perhiasan Anda jika sewaktu-waktu dibutuhkan. Anda bahkan dapat menggadaikan perhiasan emas Anda dengan mudah jika sewaktu-waktu membutuhkan uang. 

2. Memiliki Nilai Sentimental 

Tidak seperti bentuk investasi alternatif lainnya, perhiasan emas sering kali tidak hanya dibeli untuk tujuan investasi, tetapi juga untuk tujuan hadiah dan estetika.

3. Dapat Dikenakan Kapan Saja 

Perhiasan emas dapat disimpan di mana saja dan digunakan kapan saja. Perhiasan emas dapat menambah sentuhan elegan pada penampilan Anda. 

Karena emas adalah satu satu perhiasan yang memberi nilai artistik. 

Kekurangan

Meski banyak kelebihan, investasi perhiasan emas tentunya punya kekurangan Berikut adalah kekurangan investasi perhiasan emas. 

1.Perhiasan Emas Bisa Rusak

Memang benar perhiasan emas dapat rusak terutama jika desain perhiasan tersebut terlalu rumit. Perhiasan emas yang sudah rusak tentu tidak dapat dijual dengan nilai jual setinggi jika perhiasan tersebut masih dalam kondisi normal. 

2. Biaya yang Harus Dikeluarkan Saat Menjual 

Ketika Anda menjual emas perhiasan, beberapa toko akan membebankan biaya administrasi kepada Anda. Besarannya berbeda-beda. Hal ini akan membuat nilai investasi Anda seolah-olah turun. Jadi sebaiknya, ketika ingin menggunakan emas sebagai investasi, pastikan untuk menjualnya di saat yang tepat. 

3. Risiko Hilang 

Risiko hilang cukup menghantui para pemilik emas terlebih emas perhiasan. Karena emas perhiasan cenderung lebih sering dikenakan tidak seperti emas batangan yang disimpan rapat. 

Emas perhiasan juga kerap menjadi incaran para pelaku kriminal. (*)

Editor: Redaksi
Yunike Purnama

Yunike Purnama

Lihat semua artikel

RELATED NEWS